Pembekuan Darah



Pembekuan Darah - Reaksi utama yang terjadi pada proses pembekuan darah adalah perubahan fibrinogen (protein yang larut) menjadi fibrin (protein yang tidak larut). Perubahan fibrinogen menjadi fibrin dipengaruhi oleh suatu enzim yang disebut thrombin.

Pembekuan Darah
Dalam darah thrombin terdapat dalam bentuk prekursornya (pra zat) yang disebut petrombin yang tidak aktif. Proses pengaktifan protrombin yang tidak aktif. Proses pengaktifan petrombin dipengaruhi oleh ion Ca (faktor IV), atau faktor ekstrinsik atau faktor yang berasal dari jaringan yang terluka seperti: proconvertin/faktor VII, Tromboplastin / faktor III dan faktor intrinsic atau faktor yang merupakan komponen darah itu seperti itu sendiri: AHF atau anti hemophilic factor/ faktor VIII, Christmas factor/ Faktor IX, PTA atau Plasma Thromboplastin antecedent. Hagemen Faktor / faktor XII.

Sedangkan faktor yang bersifat intrinsic maupun ekstrinsik adalah tromboplastin / faktor III, Proaccelerin / Faktor V, Stuart-Power Faktor/ faktor X Fibrinogen/ Faktor I, dan Prothtrombin / Faktor II, adalah merupakan faktor umum, sedangkan sebagai faktor ke XIII adalah yang disebut Fibrin-stabilizing faktor  (FSF).
thumbnail Title : Pembekuan Darah
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-05-11T07:17:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 07.17