Fungsi dan Struktur Usus 12 Jari (Duodenum)


Fungsi dan Struktur Usus Dua Belas Jari (Duodenum) - Usus dua belas jari berukuran panjang kurang lebih 25 sentimeter. Makanan dari lambung bersifat asam, kemudian masuk ke usus dua belas jari.   Sifat asam ini akan merangsang dinding usus untuk mensekresikan hormon-hormon berikut. 

Usus dua belas jari


  • Hormon sekretin yang berfungsi untuk merangsang getah pankreas yang terdiri atas enzim-enzim berikut.


  1. Tripsin, berfungsi menyederhanakan protein dan pepton.
  2. Amilase, berfungsi mengubah zat tepung menjadi maltosa.
  3. Lipase, berfungsi menghidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Getah pankreas mengandung NaHCO3 yang menyebabkan makanan bersifat basa. Selain itu, getah pankreas mengeluarkan hormon insulin yang berfungsi menjaga kadar gula darah agar tetap normal.


  • Hormon kolesistokinin yang berfungsi untuk merangsang empedu. Getah empedu dibuat di dalam hati dan disimpan di dalam kantong empedu. Getah empedu mengandung zat warna empedu yang disebut dengan bilirubin dan garam empedu, yaitu natrium glukolat. Getah empedu berfungsi antara lain seperti berikut.



  1. Mengemulsikan lemak.: Hasil emulsi ini adalah gliserol dan asam lemak. Lemak hanya bisa dicerna apabila sudah bercampur dan bereaksi dengan getah empedu terlebih dahulu.
  2. Mempengaruhi penyerapan vitamin K.


Walaupun pendek tapi usus 12 jari dipercaya oleh kantung empedu dan juga kelenjar pankreas sebagai tempat bermuaranya saluran mereka. Usus dua belas jari merupakan organ retroperitoneal, yang tidak terbungkus seluruhnya oleh selaput peritoneum. pH usus dua belas jari yang normal berkisar pada derajat sembilan.

Usus dua belas jari bertanggung jawab untuk menyalurkan makanan ke usus halus. Secara histologis, terdapat kelenjar Brunner yang menghasilkan lendir. Dinding usus dua belas jari tersusun atas lapisan-lapisan sel yang sangat tipis yang membentuk mukosa otot.
thumbnail Title : Fungsi dan Struktur Usus 12 Jari (Duodenum)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-08-21T20:59:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.59