Pengukuran Potensial Air dan Jaringan Tumbuhan


Pengukuran Potensial Air dan Jaringan Tumbuhan - Tumbuhan akan berkembang secara normal dan tumbuh subur serta aktif apabila sel-selnya dipenuhi air. Suatu ketika apabila pada waktu perkembanganya, tumbuhan kekurangan suplay air, maka kandungan air dalam tumbuhan menurun dan laju perkembangannya yang ditentuka oleh laju semua fungsi-fungsi yang juga menurun. Jika keadaan kekeringan ini berlangsung laa maka dapat mematikan tumbuhan.

potensial air

Sekalipun dalam tumbuhan yang sedang aktif, kekurangan air dapat menjadi faktor pembatas bagi perkembangannya. Tetapi keadaan kekeringan masih memiliki dampak positif bagi hidup dan ketahanan hidup suatu organisme. bersamaan dengan menurunnya aktivitas sel, kepekaannya terhadap faktor-faktor fisik dan kimia dari lingkungannya juga berkurang. Oleh karena itu, wlaupun biji-biji kering tidak akan berkecambah, mereka juga tidak akan mati oleh suhu tinggi atau suhu rendah yang dapat menjadikan mati bagi tumbuhan vegetatif. Pada kenyataannya adaptasi tumbuhan pada keadaan kering maupun suhu rendah sering melibatkan keadaan kandungan air rendah.

Potensial kimia air atau basa dinyatakan sebagai potensial air (PA) penting untuk diketahui agar dapat mengerti pergerakan air di dalam sistem tumbuhan, tanah, dan udara. Potensial air biasanya dinyataakan dalam satuan bar, atm, seperti satuan tekanan. Air akan bergerak dari PA tinggi ke PA yang lebih rendah. Jadi difusi termasuk osmosis, terjadi sebagai akibat adanya gradien dalam energi bebas dari partikel-partikel yang berdisfusi.
thumbnail Title : Pengukuran Potensial Air dan Jaringan Tumbuhan
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-03-17T20:09:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.09