Histologi daun gymnospermae


Histologi daun gymnospermae - Sebagian besar Gymnospermae daunnya terlalu hijau dan xeromorf. Salah satu kekhususan daun Gymnospermae adalah adanya transfusi. Jaringan ini mengelilingi berkas pengangkut dan tersusun atas trakeida, parenkim, dan sel albumin. Jaringan transfusi beragam dalam jumlah dan susunannya, tergantung genusnya. Ada dua tipe daun Gymnospermae, yaitu tipe Cycas dan Conifer.

Gymnospermae

Daun pinus dan daun cycas tampak seperti kulit dan keras, sel epidermisnya berdinding tebal, mempunyai kutikula tebal, dan selanjutnya tersembunyi dan terdapat pada permukaan abaksial daun. Mesofil terdiri atas parenkim palisade dan parenkim spons seperti pada Angiospermae. Hipodermis selapis (uniseriate) atau dua lapis (biseriate) terdapat diantara epidermis adaksial (atas) dan parenkim palisade. Protoxilem diiringi oleh sedikit parenkim yang terdapat pada sisi abaksial (bawah) dan metaxilem pada sisi adaksial. Xilem sekunder berkembang didekat floem dari kambium yang terletak diantara dua tipe jaringan pembuluh. Tulang daun dikelilingi oleh endodermis. Di bawah Floem terdapat satu lapisan sel parenkim transfusi.

Epidermis daun jarum (Conifer), misalnya pinus dan Cedrus, terdiri atas sel yang berdinding sangat tebal dan ditutupi oleh kutikula tebal. Stomata terdapat pada semua sisi daun dan melengkung ke dalam (kriptofor). Hipodermis terdiri atas sel epidermis yang mengandung liginin. Mesofil berasal dari sel parenkim.
thumbnail Title : Histologi daun gymnospermae
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-03-26T20:19:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.19