Pengertian dan Fungsi Diferensiasi Sel


Pengertian dan Fungsi Diferensiasi Sel - Ada jaringan dalam tubuh dewasa yang disebut berdiferensiasi dapat kembali bermitosis. Kejadian ini disebut dediferensiasi. Selnya tidak jadi muda dan pluripoten, tapi tetap unipoten, yakni hanya membelah diri membentuk sel anak yang struktur dan fungsinya sama dengan sel lain jaringan yang bersangkutan.

Sel yang sedang bedediferensiasi (sumber : wikipedia)


Sejumlah ahli yakin dediferensiasi adalah aberasi siklus perkembangan normal yang mengakibatkan kanker,sementara para ahli lainnya percaya dediferensiasi adalah bagian alami dari respon imun yang hilang pada manusia akibat evolusi.

Sebuah molekul kecil bernama reversin, sebuah analog purin, ditemukan mampu melakukan dediferensiasi di dalam miotube. Sel-sel yang terdediferensiasi ini kemudian mampu merediferensiasi diri menjadi osteoblas dan adiposit.

Ada jaringan atau alat yang daya diferensiasinya tinggi, ada yang rendah. Yang daya diferensiasinya tinggi sukar atau hampir tak dapat lagi berdiferensiasi. Yang termasuk ke sini ialah saraf dan otot jantung. Sedangkan yang diferensiasinya rendah masih dapat berdediferensiasi. Hati, ginjal dan pankreas adalah alat yang berdediferensiasi.

Sebuah sel yang mampu mendiferensiasikan dirinya ke semua jenis sel organisme dewasa disebut pluripoten. Sel-sel seperti itu disebut sel punca embrio pada hewan dan sel meristem pada tumbuhan yang lebih tinggi. Sebuah sel yang mampu mendiferensiasikan diri ke semua jenis sel, termasuk jaringan plasenta, disebut totipoten. Pada mamalia, hanya zigot dan blastomer akhir yang totipoten, sementara pada tumbuhan banyak sel diferensiasi yang menjadi totipoten melalui serangkaian teknik laboratorium sederhana. Dalam sitopatologi, tingkat diferensiasi sel dipakai untuk mengukur perkembangan kanker. "Grade" adalah penanda diferensiasi suatu sel di dalam tumor




thumbnail Title : Pengertian dan Fungsi Diferensiasi Sel
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2017-05-21T21:45:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.45