Macam-macam Pakan Ternak


Macam-macam Pakan Ternak - Patut kita syukuri sebagai manusia yang beriman bahwa ternak diciptakan Tuhan Yang Maha Kuasa sekaligus bersama-sama dengan pakannya. Alam raya menyediakan beragam jenis pakan ternak. Rumput-rumputan, dedaunan hijau, jerami padi, dedak padi, biji-bijian merupakan contoh pakan yang umum diberikan pada ternak.

pakan ternak (sumber: www.garut.co.id)


Apa yang dimaksud dengan pakan? Pakan (feed) adalah semua bahan pakan yang dapat dimakan, dicerna dan diserap oleh ternak baik sebagian maupun seluruhnya dengan tidak mengganggu kesehatan bagi ternak yang memakannya. Pakan bisa berupa bahan pakan tunggal atau campuran dari beberapa bahan pakan, baik yang diolah ataupun tanpa diolah, untuk memenuhi kebutuhan hidup ternak, berproduksi dan berkembang biak.

Untuk memudahkan pengenalan, bahan pakan dikelompokan kedalam beberapa pengelompokan:

1) Berdasarkan kandungan serat kasar:

Berdasarkan kandungan serat kasarnya, bahan pakan digolongkan menjadi:

a) Hijauan, yaitu satu atau campuran bahan pakan yang kadar serat kasar tinggi dan kandungan zat makanan utamanya (protein, lemak dan karbohidrat) rendah. Hijauan diberikan pada ternak ruminansia, baik berupa hijauan segar maupun dalam bentuk awetannya. Hijauan segar adalah hijauan yang ditanam pada padang penggembalaan ataupun yang dipotong dalam keadaan segar (kandungan airnya tinggi). Sedangkan hijauan awetan adalah hijauan pakan dan limbah pertanian yang dipotong dan dikeringkan atau diawetkan menjadi silase. Jenis dan cara pengawetan hijauan akan dibahas lebih lanjut pada materi pengawetan pakan.
Terdapat banyak jenis hijauan, oleh karenanya hijauan dikelompokan lagi menjadi:

  • Rumput-rumputan

Rumput merupakan hijauan yang disukai ternak, mudah diperoleh karena mudah tumbuh. Rumput lapangan, rumput gajah (Penisetum purpureum), rumput Benggala (Panicum maximum), rumput seratir, braciaria, rumput mexico (Euchela mexicana) merupakan jenis rumput yang banyak digunakan dalam budidaya ternak. Rumput lapangan merupakan campuran dari beberapa jenis rumput yang bisanya tidak ditanam, tetapi tumbuh liar. Rumput gajah merukan jenis rumput yang paling banyak digunakan dan ditanaman oleh peternak.


  • Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan memiliki kandungan protein lebih tinggi dari rumput-rumputan. Contoh kacang-kacangan adalah lamtoro (Leucena pubecens), stylo (stylosantes guyanensis, centro (Centrocema pubecens), pueraria phaseoloides, calopogonium muconoides dll.


  • Daun-daunan

Daun-daunan yang dapat digunakan untuk pakan ternak misalnya daun nangka, daun pisang, daun turi, daun petai cina, daun gamal (gliriciade). Ternak domba dan kambing banyak mengkonsumsi daun-daunan dibanding sapi dan kerbau.


  • Limbah pertanian

Limbah pertanian agak sulit diklasifikasikan sehingga dikelompok-kan secara terpisah. Jenis yang banyak digunakan adalah jerami padi, batang pohon jagung, daun singkong, pucuk tebu dll. Jerami merupakan limbah yang paling banyak digunakan untuk pakan ternak. Terbatasnya lahan, nilai ekonomis dll menyebab-kan peternak jarang menanam rumput, tetapi banyak yang mencari atau membeli limbah pertanian tersebut.

b) Konsentrat, yaitu satu atau campuran bahan pakan yang kadar zat makanan utamanya tinggi dengan kadar serat kasar rendah. Bahan pakan konsentrat bisa berasal dari:

  • tanaman pangan, seperti serealia (misalnya jagung, padi atau gandum), kacang-kacangan (misalnya kacang hijau atau kedelai), umbi-umbian (misalnya ubi kayu atau ubi jalar), dan buah-buahan (misalnya kelapa atau kelapa sawit)
  • hewan, seperti tepung ikan dan tepung daging
  • limbah industri, seperti protein sel tunggal, limbah atau hasil ikutan dari produksi bahan pangan seperti dedak padi dan pollard, hasil ikutan proses ekstraksi seperti bungkil kelapa dan bungkil kedelai, limbah pemotongan hewan seperti tepung darah dan tepung bulu, dan limbah proses fermentasi seperti ampas bir.


2) Berdasarkan kandungan nutrisi utamanya
Beberapa sumber mengelompokan bahan pakan berdasarkan kandungan nutrisi utamanya menjadi:

a) Sumber energi
Yang termasuk kelas ini mengandung protein kurang dari 20% dan kandungan serat kasarnya kurang dari 18% misalnya hasil ikutan pabrik seperti dedak halus, onggok, tetes dan umbi-umbian.

b) Sumber protein
Bahan ini mengandung protein 20% atau lebih, biasanya bahan ini berasal dari bagian tubuh hewan seperti tepung daging, tepung darah, tepung ikan.

c) Sumber mineral
Bahan yang banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh ternak, misalnya kapur, phosphat, belerang dll.

d) Sumber vitamin
Bahan pakan yang mengandung vitamin yang tinggi seperti vitamin A, D, E dll.

e) Additives
Suatu bahan atau kombinasi bahan yang biasa digunakan dalam campuran ransum digunakan dalam jumlah sedikit untuk memenuhi kebutuhan tertentu, misalnya memacu pertumbuhan, meningkatkan kecernaan dan lain sebagainya. Sebagai contoh antara lain: antibiotik, hormon, probiotik, pewarna, rasa dll.

3) Pakan jadi
Saat ini dikenal juga istilah pakan jadi. Apa yang dimaksud dengan pakan jadi. Pakan jadi atau pakan komersial dikenal juga sebagai pakan komplet, adalah pakan yang langsung diberikan pada ternak tanpa dicampur dengan bahan yang lain. Pakan jadi banyak beredar di pasaran terutama untuk terutama unggas seperti broiler, layer dan puyuh. Produk ini berasal dari berbagai Perusahaan Pakan Ternak dengan berbagai merek. Umumnya pakan ini mempunyai kualitas yang terjamin, terutama kandungan gizinya. Pakan jadi dikelompokan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuknya dan berdasarkan peruntukan usia pemeliharaan ternak
thumbnail Title : Macam-macam Pakan Ternak
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2017-05-13T09:54:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.54