Manfaat Kematian Sel


Manfaat Kematian Sel - Kematian sel pada berbagai daerah dalam tubuh banyak manfaat atau peranannya. Manfaat yang utama ialah:


  • Metamorfosa
  • perupaan
  • pembuangan

Pada organisme dewasa, jumlah sel dalam suatu organ atau jaringan harus bersifat konstan pada range tertentu. Sel darah dan kulit, misalnya, selalu diperbarui dengan pembelahan diri sel-sel progenitornya, tetapi pembelahan diri tersebut harus dikompensasikan dengan kematian sel yang tua.

Diperkirakan 50-70 milyar sel mati setiap harinya karena apoptosis pada manusia dewasa. Dalam satu tahun, jumlah pembelahan sel dan kematian yang terjadi pada tubuh seseorang mencapai kurang lebih sama dengan berat badan orang tersebut.

Keseimbangan (homeostasis) tercapai ketika kecepatan mitosis (pembelahan sel) pada jaringan disamai oleh kematian sel. Bila keseimbangan ini terganggu, salah satu dari hal berikut ini akan terjadi:
Bila kecepatan pembelahan sel lebih tinggi daripada kecepatan kematian sel, akan terbentuk tumor
Bila kecepatan pembelahan sel lebih rendah daripada kecepatan kematian sel, akan terjadi penyakit karena kekurangan sel.


Metamorfosa dialami oleh berbagai Evertebrata dan Vertebrta. Evertebrata yang bermetamorfosa terdapat sejak Porifera hingga Arthropoda, sedang pada vertebrata ialah Pisces dan Amphibia. Metamorfosa ialah perubahan bentuk transisi embrio atau berudu menjadi bentuk definitif. Bentuk definitif. Bentuk definitif adalah bentuk tubuh suatu spesies hewan yang sudah tetap, dan tetap demikian hingga deasa dan menua.


thumbnail Title : Manfaat Kematian Sel
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2017-05-21T21:56:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.56