Manfaat Pakan dalam Tubuh Ternak


Manfaat Pakan dalam Tubuh Ternak - Salah satu ciri mahluk hidup adalah membutuhkan makanan. Tanpa pakan, ternak tidak mungkin bisa hidup, menghasilkan daging, telur atau susu. Pakan mengandung zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh ternak. Dalam tubuh ternak, pakan digunakan untuk beberapa keperluan, yaitu :

Manfaat Pakan dalam Tubuh Ternak



  • Untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok.

Pakan digunakan untuk menjaga kelangsungan hidup seperti memelihara bagian-bagian tubuh atau mengganti bagian-bagian tubuh yang rusak, menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kegiatan fisiologis tubuh s

  • Untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Pakan digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan-jaringan tubuh. Dengan pakan yang memadai, anak ayam yang bertubuh kecil tumbuh dan berkembang menjadi ayam dewasa yang siap berproduksi dan atau berproduksi. Begitu pula dengan ternak lainnya

  • Untuk produksi dan reproduksi

Produk ternak berupa daging, telur dan susu merupakan hasil penimbunan zat-zat makanan yang berasal dari pakan. Pada ternak yang bunting memerlukan pakan untuk pertumbuhan janin yang dikandungnya, disamping untuk kebutuhan pokok hidup induknya.
Mengingat kegunaan pakan bagi ternak seperti yang telah disebutkan di atas, pemberian pakan merupakan faktor yang menentukan dalam keberhasilan pemeliharaan ternak. Pemberian pakan sesuai kebutuhan ternak, baik kuantitas maupun kualitasnya, merupakan syarat agar ternak dapat mencapai produksi yang optimal.
thumbnail Title : Manfaat Pakan dalam Tubuh Ternak
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2017-05-13T09:46:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.46