Klasifikasi Belimbing


Klasifikasi Belimbing - Belimbing merupakan salah satu tumbuhan tropis, yang menjadi ciri khas dari tumbuhan ini adalah buahnya yang berbentuk persegi lima. Belimbing tersebar di daerah tropis di negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dll. Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.

Daun majemuk pada belimbing
Buah Belimbing

Batang tanaman blimbing kuat, kasar dan juga berkayu, batang ini memiliki bentuk bulat dengan panjang mencapai 10 meter bahkan lebih, dengan tumbuh tegak mengarah keatas. Batang tanaman ini juga dilengkapi dengan percabangan yang banyak, sehingga dapat dikatakan tanaman ini sebagai tanaman teduh.

Daun majemuk, bertangkai panjang, warna hijau tua, bentuk bulat telur, panjang 4 - 6 cm, lebar 3 - 4 cm, helaian daun tipis tegar, ujung meruncing (acuminatus), pangkal tumpul (obtusus), tepi rata, susunan pertulangan menyirip (pinnate), tidak memiliki daun penumpu, permukaan atas dan bawah halus. Bunga majemuk, kelopak berbentuk bintang (stellatus), mahkota berwarna merah jingga, panjang mahkota ± 8 mm, daun mahkota berlekatan (gamopetalus). Buah berlekuk 5 menyerupai bintang, panjang 10 - 12 cm, buah muda berwarna hijau - setelah tua menjadi kuning, bentuk biji pipih - berwarna coklat tua, berbuah setelah berumur 2 - 5 tahun. Akar tunggang. Perbanyakan secara generatif (biji).

Klasifikasi Belimbing
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Geraniales
Famili: Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
Genus: Averrhoa
Spesies: Averrhoa carambola L.
thumbnail Title : Klasifikasi Belimbing
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-05-28T11:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 11.00