Pengertian Fertilisasi


Pengertian Fertilisasi Pada akhirnya telur berkembang itu menjadi masak sehingga mampu untuk mengadakan penyatuan dengan sperma, suatu proses yang disebut Fertilisasi. Gerakan berenang sperma membawanya ke telur. Tiap gamet mengalami serangkaian perubahan seluler yang rumit yang menyebabkan dapat masuknya perma dan menyebabkan aktifnya sel telur.

Fertilisasi

Sel telur, tidak seperti halnya sel lain, mempunyai membran vitelin yang melapisi membran plasma. Pada waktu sperma mendekati permukaan telur terjadilah reaksi akrosom. Bersamaan dengan hal tersebut, enzim-enzim yang dikeluarkan oleh akrosom melarutkan membran sehingga terjadi jalan masuk. Jika zat akrosom itu menembus membran plasma, maka permukaan telur menonjol keluar dan membentuk kerucut fertilisasi.


Membran plasma dari telur dan sperma kemudian mendekat dan daerah sentuhan menjadi rusak sehingga terbentuk jalan bagi nukleus sperma untuk masuk ke dalam sitoplasma telur. Pada waktu peristiwa ini berlangsung. Permukaan telur mengalami reaksi kortikal yang menyebar dari tempat sentuhan dari sperma. Mukopolisakarida yang tertimbun dalam granula kortikal dilepaskan ke permukaan. Karena zat ini menyerap air dan membengkak maka membran vitelin terangkat dari permukaan telur dan membentuk mebran fertilisasi. Hal ini mencegah sperma lain menembus telur.
thumbnail Title : Pengertian Fertilisasi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-10-21T21:46:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.46