Mikroskop Fluoresensi


Mikroskop Fluoresensi - Mikroskop ini memiliki sumber cahaya yang khusus dari yang bergelombang pendek. Yang dipakai ialah sinar ultraviolet (uv). Jika cahaya ini menyinari objek bersinar (fluoresen), dipantulkannya cahaya dengan gelombang lebih panjang. Karena itu kalau di lihat dibawah mikroskop oragnel atau bagian sel yang berbinar itu yang tampak.

Mikroskop Fluoresensi
sel yang dilihat dari mikroskop fluoresensi

Yang berbinar secara alamiah adalah vitamin A, vitamin B2, dan porfirin. banyak senayawa kimia yang diresap oleh kandungan sel sehngga membuatnya menjadi berbinar. Perbinaran ini disebut perbinaran bikinan. Yang berbinar bikinan ini ialah seperti ADN dan ARN.

Mikroskop ini dipakai untuk menemukan sel kanker, karena pada sel-sel begini kadar ADN tinggi sekali sehingga warna berbinar inti sel sangat menyolok dibandingkan dengan sel normal.

Mikroskop fluoresensi dipakai untuk menetapkan apakah suatu sel mengandung kromosom Y (penentu jenis kelamin jantan) atau tidak. Karena cahaya yang digunakan dalam mikroskop fluoresensi berbahaya untuk mata, maka penggunaannya harus difilter menggunakan filter polarisasi sehingga cahayanya tidak merusak mata pengguna. Filter polarisasi juga dapat digunakan untuk meperbaiki warna atau untuk meningkatkan kontras, sehingga pendaran lebih jelas terlihat. Seperti mikroskop lainnya, ketajaman gambar dapat disesuaikan dengan memfokuskan komponen mikroskop, dan tingkat pembesaran juga dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan. Dalam beberapa kasus, spesimen mungkin secara alami bisa bercahaya, seperti dalam kasus beberapa mineral yang akan berpendar atau mengalami fosforesensi dengan panjang gelombang cahaya tertentu. Bisa juga ada spesimen yang termasuk ke dalam jenis bermolekul fluorophores. Molekul-molekul ini dapat membentuk struktur tertentu dalam spesimen, menciptakan citra neon dengan struktur tertentu ketika spesimen bereaksi karena cahaya mikroskop
thumbnail Title : Mikroskop Fluoresensi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-05-01T13:39:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 13.39