Kunci Identifikasi


Kunci Identifikasi -  Penggunaan kunci identifikasi merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengidentifikasi tumbuhan maupun hewan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki spesimen acuan. Identifikasi dengan bantuan kunci identifikasi memiliki batas kemampuan yang berbeda. Ada kunci yang mengidentifikasi sampai famili, genus, atau sampai spesies.

Kunci Identifikasi 

Format pada kunci identifikasi biasanya dikotom atau disebut kunci dikotom. Kunci dikotom merupakan kunci identifikasi dengan menelusuri jalur yang ditetapkan oleh keputusan beraturan dengan setiap pilihannya adalah biner (karena hanya ada dua alternatif).


Kunci dikotom terdiri dari sederetan bait atau kuplet yang diberi nomor dan setiap bait terdiri dari dua baris yang disebut penuntun. Penuntun berisi ciri-ciri yang bertentangan satu dengan lainnya dan ditandai dengan huruf. Ciri-ciri tersebut disusun sedemikian rupa sehingga selangkah demi selangkah pemakai kunci identifikasi memilih satu diantara dua atau beberapa sifat yang bertentangan, dan seterusnya. Akhirnya akan diperoleh suatu jawaban berupa identitas tumbuhan atau hewan yang diinginkan.
thumbnail Title : Kunci Identifikasi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-03-25T20:22:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.22