Manfaat Mempelajari Klasifikasi


Manfaat Mempelajari Klasifikasi - Klasifikasi Makhluk hidup memberi manfaat bagi orang-orang yang ingin mengetahui keanekaragaman hayati. Manfaat lainnya adalah untuk mengenal berbagai spesies makhluk hidup meliputi ciri-ciri makhluk hidup, hubungan kekerabatan di antara makhluk hidup, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkunnya.

Manfaat Mempelajari Klasifikasi

Ada juga manfaat praktis mempelajari klasifikasi. Misalnya, kita dihadapkan pada pilihan untuk menentukan habitat yang harus dipertahankan guna melindungi spesies langka yang jumlahnya sangat sedikit. Caranya adalah dengan melakukan studi untuk mencari spesies yang masih berkerabat dengan spesies langka tersebut. Jika kerabatnya lebih mudah dipelajari, dapat dibuat kesimpulan berdasarkan kebutuhan spesies kerabatnya terhadap habitat tertentu. Contoh lain adalah penemuan prekursor biokimia obat kortison pada jenisubi tertentu (genus Dioscorea). Penemuan ini mendorong pencarian obat sejenis dengan konsentrasi yang lebih tinggi pada spesies Dioscorea lain.


Pengenalan terhadap berbagai spesies makhluk hidup sangat penting karena dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Misalnya, dengan mengetahui ciri-ciri unggul dari berbagai spesies makhluk hidup, kita dapat memanfaatkannya secara langsung antara lain untuk bahan pangan, papan, sandang, dan obat-obatan. Pengenalan terhadap adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya membantu kita turut menjaga keseimbangan ekosistem. Keseimbangan ekosistem memberikan manfaat tak langsung kepada manusia, misalnya mencegah bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir, serta hama penyakit tanaman.


thumbnail Title : Manfaat Mempelajari Klasifikasi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-03-23T08:42:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.42