Unsur Trakeal


Unsur Trakeal - Unsur trakeal merupakan sel xilem yang plaing tinggi spesialisasinya, dan bertugas dalam pengangkutan air beserta zat terlarut di dalamnya. Selnya memanjang dan pada waktu bertugas tidak memiliki protoplas, jadi merupakan sel mati. Dindingnya berlignindan terdapat penebalan sekunder dengan macam-macam noktah. 

Unsur Trakeal

Unsur trakeal terdiri dari dua macam sel trakeal, yakni trakeid dan komponen trakea. Trakeid adalah sel panjang dengan ujung yang runcing. Trakea juga disebut pembuluh kaya  dan terdiri dari deretan sel yang tersusun memanjang dan bersambungan pada ujung dan pangkalnya. Sel penyusun trakea yang panjangnya sampai 50 sel itu dinamakan komponen trakea atau komponen pembuluh kaya. Perbedaan utama antara kedua macam sel itu adalah bahwa trakeid merupakan sel yang ujungnya runcing tanpa lubang, biasanya pada kedua dinding ujungnya. Lubnag itu kadang-kadang terdapat pula pada dingding lateralnya. Pada trakeid, pengangkutan air terjadi dari sel ke sel melalui selaput noktah pada pasangan noktah diantara dua ujung trakeid yang saling menimpa. Karena bagian selaput noktah yang bukan selulosa telah hilang akibat reaksi enzim, maka air dapat menembusnya dengan mudah. Pada komponen trakea, air bebas bergerak melalui lubang.

Bagian komponen trakea yang berlubang dinamakan papan berlubang. Ada tiga macam papan berlubang, yakni papan berlubang sederhana dengan sebuah lubang saja, namun memenuhi seluruh dnding ujung sel yang ditempatinya; papan berlubang skalariform dengan lubah pipih dan sejajar pada papan menunjukkan bentuk tangga; dan papan berlubang jala yang jalinannya lubangnya membentuk jala. Kedua macam lubang yang terakhir dikelompokkan menjadi lubang majemuk karena jumlah lubang dari satu.

Pada dinding unsur trakeal terdapat macam-macam noktah. Macam dan jumlah noktah tersebut tergantung pada jenis sel yang melekat pada unsur trakeal itu. Di antara dua sel trakeal biasanya terdapat banyak noktah terlindung. Antara unsur trakeal dan serat ditemukan hanya beberapa pasangan noktah, sedangkan antara unsur trakeal dan sel parenkim terdapat noktah setengah terlindung dengan bagian yang telindung terdapat di pihak trakeal.


thumbnail Title : Unsur Trakeal
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-19T14:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.01