Perbedaan Protoxilem dan Metaxilem


Perbedaan Protoxilem dan Metaxilem - Dari segi perkembangannya, xilem primer terdiri dari bagian yang berkembang di saat awal, yakni protoxilem dan bagian yang berkembang kemudian, yakni metaxilem. Meskipun kedua bagian itu menunjukkan sifat yang berbeda, tampak bahwa strukturnya dapat saling menimpa sehingga pembatasan kedua xilem primer itu tidak bisa dilakukan dengan tajam.

Xilem dan Floem

Protoxilem berdiferensiasi dalam bagian tubuh (tumbuhan) primer yang belum selesai pertumbuhan dan diferensiasinya. Dalam batang muda atau pucuk, protoxilem menjadi dewasa diantara jaringan yang aktif memanjang; karen aitu, xilem primer terkena stress atau tekanan dari kegaiatan itu. Unsur trakeal yang tumbuh akan membentang ke arah panjang, namun setelah dewasa dan mati isinya, akhirnya rusak terkena tekan yang mash terjadi di sekelilingnya. Pada akar, unsur protoxilem lebih lama bertahan karena menjadi dewasa di belakang daerah yang tumbuh secara maksimum.

Metaxilem biasanya dibentuk dalam tubuh primer yang masih sedang tumbuh, namun menjadi dewasa terutama sesudah pemanjangan sel di bagian tubuh itu selesai. Sebab itu, metaxilem kurang dipengaruhi oleh perluasan primer dari jaringan sekelilingnya dibandingkan protoxilem.

Metaxilem agak lebih rumit daripada protoxilem, selain mengandung unsur trakeal dan parenkim, dapat juga mengandung serat. Sel parenkim dapat tersebar diantara unsur trakeal atau tersusun dalam deretan radial seperti jari-jari empulur. Sayatan memanjang menujukkan bahwa sel tersebut tampak sebagai parenkim aksial atau tegak.
thumbnail Title : Perbedaan Protoxilem dan Metaxilem
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-19T14:18:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.18