Struktur Uterus


Struktur Uterus - Uterus memanjang dari persimpangan uterotubal ke serviks. Pada sapi, babi, dan kuda panjang keseluruhan berkisar 35-60 cm. Pada babi, rusa, domba, dan sapi tanduk uterus mencapai 80 sampai 90% dari panjang total, sedangkan pada kuda, tanduk uterus sekitar 50% dari total panjang. Fungsi uterus umumnya untuk mempertahankan dan memelihara embrio, atau fetus. Sebelum embrio melekat ke uterus, makanan embrio berasal dari kuning telur dalam embrio atau dari susu uterus rahim yang disekresikan oleh kelenjar dalam lapisan mukosa uterus. Setelah melekat pada uterus embrio mengambil nutrisi dan buangan produk-produk limbah melalui plasenta.

Uterus Hewan

Uterus terdiri dari tanduk uterus, badan uterus dan leher uterus (serviks). Proporsi relatif masing masing uterus, bentuk dan tanduk uterus bervariasi tergantung spesies. Pada babi, uterus dengan
tipe bikornua (uterus bicornis). Tanduk uterus berlipat-lipat dan mencapai panjang 4 – 5 kaki, sedangkan badan uterus pendek. Panjang uterus ini merupakan adaptasi anatomik dalam melahirkan sejumlah anak apada satu satuan waktu kelahiran. Pada sapi, domba dan kuda, tipe uterus aadalah bipartite (uterus bipartitus). Pada ternak-ternak ini, uterus mempunyai penyekat (septum) yang memisahkan dua tanduk uterus dan badan uterus. Kedua bagian uterus melakat pada pelvis dan dinding abdominal.
thumbnail Title : Struktur Uterus
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-18T20:47:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.47