Klasifikasi Anyelir


Klasifikasi Anyelir - Tumbuhan anyelir merupakan tumbuhan hias yang dimana nama latinnya yaitu Dianthus caryophyllus, tumbuhan ini biasa ditempatkan dalam pot. Yang menjadi ciri khas dari tumbuhan ini adalah bunganya yang berwarna merah terang, sangat enak dipandang mata.

Klasifikasi anyelir

Anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm. dan biasanya membengkak pada buku/ruas.

Tanaman anyelir membutuhkan suhu malam yang berkisar antara 8-110C. Sedangkan suhu siang 18-220C. Tanaman ini tumbuh baik pada cahaya matahari penuh, dengan intensitas penyinaran sekitar 44.000 luks. Cahaya merupakan faktor lingkungan yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anyelir. Di negara subtropis, minimal dibutuhkan cahaya 21.500 luks selama musim dingin

Bagian daun Anyelir cenderung runcing dengan tulang daun yang menyirip, sempit dan panjang. Warna daunnya hijau keputih-putihan. Adapun diameter bunga dari Anyelir berkisar di angka 5 sampai 10 cm. Secara umum Anyelir bisa dikelompokkan menjadi dua jika dilihat dari jumlah bunganya. Pertama dalah Anyelir dengan satu bunga pada satu tangkai dan kedua adalah Anyelir dengan banyak bunga atau spray pada satu tangkai. 

Klasifikasi Anyelir
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Hamamelidae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Caryophyllaceae 
Genus: Dianthus
Spesies: Dianthus caryophyllus 
thumbnail Title : Klasifikasi Anyelir
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-17T20:34:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.34