Postulat Koch


Postulat Koch - Dari percobaan keduanya tersebut, koch menyimpulkan, meskipun Bacillus tidak kontak dengan segala jenis hewan, namun mereka tetap dapat menyebabkan timbulnya antraks. Hasil penemuan tersebut di demonstrasikan oleh koch di hadapan dua orang proffesor yang bernama Ferdinand Cohn dan Cohnheim. Kedua orang proffesor itu sangat terkesan dengan penemuan Koch.

Ilustrasi

Pada tahun 1876 Ferdinand Cohn mempublikasikan penemuan koch dalam sebuah jurnal. Tidak lama setelah itu, Koch menjadi cukup terkenal dan dirinya diberi penghargaan berupa sebuah pekerjaan di kantor kesehatan kekaisaran (Imperial Health Office) pada tahun 1880 di Berlin.

Berbagai metode yang ditemukan oleh Koch tersebut dapat membuat bakteri patogen llebih mudah di dapatkan dalam kultur murni (pure culture). Padahal sebelumnya, bakteri patogen sangat sulit didapatkan karena tercampur dengan organisme lain yang dapat ikut teridentifikasi. Dengan alasan tersebut, Koch memberikan rumusan berupa sejumlah kondisi yang harus dipenuhi, sebelum bakteri dianggap sebagai penyebab penyakit. Rumusan tersebut dikenal dengan Postulat-postulat Koch (Koch’s Postulates).

Penelitian-penelitian yang dilakukan koch tidak terbatas pada antraks. Penyakit lain seperti TBC (tubercolosis) dan kolera turut diteliti pula oleh Koch. Pada tahun 1883, Koch dikirim ke Mesir sebagai pimpinan komisi kolera German (German Cholera Comission) untuk menginvestigasi penyebaran kolera di negara tersebut. Meskipun koch belum membuktikannya dalam berbagai percobaan, Koch dapat mengidentifikasi bakteri bernama Vibrio bacterium sebagai penyakit kolera.
Koch diangkat sebagai proffesor dalam bidang ilmu kesehatandi Universitas Berlin pada tahun 1885. Selain itu, Koch pun mndapatkan gelar proffesor kehormatan di fakultas kedokteran atau menjabat sebagai pimpinan pada Lembaga Penyakit-Penyakit Menular  (Institute for Infectious Diseases). Koch telah berkeliling ke berbagai tempat di dunia untuk mempelajari berbagai macam penyakit, termasuk ke pulau Jawa.

Pada tahun 1905, Koch dianugerahi hadiah nobel dalam bidang fisiologi atau kedokteran. Koch mengabdikan hampir seluruh hidupnya dalam bidang bakteriologi yang berguna dalam mempelajari berbagai berbagai macam penyakit. Robert Koch meninggal dunia pada tanggal 27 mei 1910 dan dikenang sebagai salah satu “Pendekar bakteriologi”.

thumbnail Title : Postulat Koch
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-30T22:14:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.14