Pengertian dan Ciri-ciri Diatom


Pengertian dan Ciri-ciri Diatom - Diatom merupakan fitoplankton yang termasuk dalam kelas Bacillariophyceae. Kelompok ini merupakan komponen fitoplankton yang paling umum dijumpai di laut. Ia terdapat di mana saja, dari tepi pantai hingga ke tengah samudera. Diperkirakan di dunia ada sekitar 1400-1800 jenis diatom, tetapi tidak semua hidup sebagai plankton. Ada juga yang hidup sebagai bentos (di dasar laut), atau yang kehidupan normalnya di dasar laut tetapi oleh gerakan adukan air dapat membuatnya lepas dari dasar dan terbawa hanyut sebagai plankton.

Diatom pembesaran 400x

Diatom juga diberi julukan "Jewel of the sea"  atau permata dari laut, karena selain kehadirannya yang sangat umum, kerangka dinding selnya mengandung silika, bahan bagaikan kaca, yang kaya dengan variasi bentuk yang menawan dengan simetri yang indah.

Diatom sentrik bercirikan bentuk sel yang mempunyai simetri radial atau kosentrik dengan satu titik pusat. selnya bisa berbentuk lonjong, bulat, silindris, dengan penampang bulat, , segitiga atau segi empat, diatom dapat hidup sebagai individu sel tunggal yang soliter (solitary), atau terhubung dengan sel lainnya yang membentuk koloni bagaikan rantai, dengan rangkaian antar selnya bervariasi menurut jenis. Ukuran diatom cukup beragam, dari yang kecil berukuran sekitar 5 mikro meter, yang relatif besar sampai 2 mm. Reproduksi diatom dapat terjadi secara seksual atau aseksual. Reproduksi aseksual terjadi dengan pembelahan sitoplasma dalam frustul dimana epiteka induk akan menghasilkan hipoteka yang baru.
thumbnail Title : Pengertian dan Ciri-ciri Diatom
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-08T10:37:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.37