Meristem Pucuk


Meristem Pucuk - Meristem pucuk dibedakan menjadi dua daerah, yaitu daerah promeristem yang terdiri atas inisial pucuk dan sel tetangganya, dan daerah meristematis yang terdiri atas 3 meristem, yaitu protoderm, prokambium, dan meristem dasar.   Meristem pucuk adalah Apeks pucuk adalah bagian yang tepat di atas primordium daun yang paling muda yang bersifat meristematis.

Meristem Pucuk

Pada tahun 1759, Wolff menemukan bahwa pada daun muda dan jaringan batang, pertumbuhannya meningkat pada bagian paling ujung batang. Dia menyebut daerah ini Punctum vegetationis, sekarang bagian ini disebut ujung pucuk, yang merupakan daerah permulaan dari organisasi primer batang, tempat pertumbuhan terjadi, dan tidak terbatas di satu titik. Ujung pucuk pantas dipertimbangkan sebagai bagian terminal batang tepat diatas primordium daun paling atas. Ada perbedaan besar mengenai bentuk dan ukuran ujung pucuk biasanya tampak agak cekung. Pada Anacharis, Myriophyllum, dan beberapa rerumputan, bentuk pucuk seperti kerucut sempit, sedangkan pada tumbuhan Drymus dan Hibiscus sryacus berbentuk cembung tipis.

Sebelum inisiasi setiap daun, meristem pucuk meluas. Setelah tembok primordium daun, meristem pucuk menyempit lagi. Fenomena ini terjadi secara ritmis, misalnya pengulangan permulaan setiap daun atau pasangan daun. Terkait dengan fenomena tersebut, Schmidt (1924) memperkenalkan istilah daerah minimum dan maksimum pucuk. 

Pada Angiospermae, pucuk batang biasanya kecil. Pengukuran diameter dilakukan dengan mengambil luas pucuk di atas primordia termuda. Pada Pteridophyta, terdapat satu atau lebih sel inisial yang dapat dengan mudah dibedakan dari sel tetangganya. Apabila hanya terdapat satu sel inisial disebut sel pucuk. sel pucuk tunggal biasanya berisi empat dan dasarnya menuju ke arah permukaan pucuk.
thumbnail Title : Meristem Pucuk
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-02T21:46:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.46