Ekologi Perilaku Hewan


Ekologi Perilaku Hewan - Dalam satu malakah penting, Niko Tinbergen (pemenang hadiah Nobel bidang perilaku hewan) menguraikan berbagai informasi tentang hal-hal yang sampai saat tersebut masih menjadi pertanyaan berbagai ahli biologi tentang perilaku binatang. Pokok pembahasan Tinbergen adalah pembahasan pembagian perilaku hewan dan pengembangannya berdasarkan prinsip-prinsip fisiologis dan fungsinya atau pendekatan evolusioner.

perilaku penguin

Salah satu jenis analisis perilaku revolusioner yang dilakukan Tinbergen adalah penelitian tentang nilai penting bertahan hidup (survival value); yakni bagaimana suatu jenis hewan mengizinkan hewan lain untuk tinggal atau melakukan pertahanan untuk menjaga kelangsungan hidup keturunannya. 

Tinbergen dinobatkan sebagai bapak Ekologi Perilaku, dalam kajian tentang bagaimana seleksi alam mempertajam perilaku. cabang dari ekologi ini menguji arti adaptasi perilaku atau bagaimana perilaku dapat meningkatkan kemampuan reproduksi untuk bertahan. penelitian-penelitian ekologi perilaku saat ini berkembang ke arah bagaimana reproduksi dapat bertahan dan bagian alam mempengaruhi kegiatan reproduksi untuk binatang tetap bertahan dan menghasilkan perubahan evolusioner. untuk mempelajari perubahan evolusioner tersebut, peneliti sebaiknya juga memperlajari bagaimana hewan beradaptasi.
thumbnail Title : Ekologi Perilaku Hewan
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-09-13T16:53:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 16.53