Klasifikasi Kelinci


Klasifikasi Kelinci - Kelinci merupakan hewan mamalia yang ordonya leporidae atau hewan dengan memiliki telinga panjang. Hewan bukan hewan endemik, dapat ditemukan di seluruh bagian dunia. Sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu. Kelinci merupakan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan, di film-film kartun sering dianalogikan sebagai pemakan tumbuhan Wortel.

Klasifikasi Kelinci

Kelinci mempunyai potensi biologis yang tinggi, yaitu kemampuan reproduksi yang tinggi, cepat berkembang biak, interval kelahiran yang pendek, prolifikasi yang sangat tinggi, mudah pemeliharan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Menurut Whendrato dan Madyana (1986), pada saat ini di Indonesia ada tiga macam kelinci yaitu kelinci lokal, kelinci unggul dan kelinci persilangan (crossing). Kelinci lokal adalah keturunan kelinci yang masuk ke Indonesia sejak lama, dibawa oleh orang Eropa dan Belanda sebagai ternak hias atau kesayangan. Ciri-ciri kelinci lokal adalah: bentuk dan bobotnya kecil, sekitar 1.5 kg, bulu bervariasi putih, hitam, belang, abu-abu, bila diperhatikan kelinci lokal mempunyai ciri-ciri keturunan kelinci Belanda (Dutch) dan atau kelinci New Zealand. Kelinci lokal walaupun bukan berasal dari Indonesia asli, terjadi akibat perkawinan silang yang tidak terkontrol dari generasi ke generasi , faktor makanan, faktor cuaca, faktor pemeliharaan dan lain-lain sehingga terjadilah kelinci yang biasa disebut kelinci local. Kelinci crossing merupakan kelinci hasil silang antara kelinci lokal dengan kelinci unggul atau hasil silang dua jenis strain unggul.

Kelinci memiliki masa hidup: 5 - 10 tahun, masa produksi: 1 - 3 tahun, Masa bunting : 28-35 hari (rata-rata 29 - 31 hari), Masa penyapihan : 6-8 minggu, Masa perkawinan setelah beranak (calving interval): 1 minggu setelah anak disapih dan Bobot dewasa: Sangat bervariasi, tergantung pada ras, jenis kelamin, dan faktor pemeliharaan.

Klasifikasi Kelinci
Kingdom/Kerajaan      : Animalia
Filum                           : Chordata (mempunyai penyokong tubuh dalam)
Subfilum                     : Vertebrata (hewan bertulang balakang)
Kelas                           : Mammalia (mempunyai kelenjar susu)
Ordo                            : Lagomorpha (kaki depan pendek)
Famili                          : Leporidae (telinga panjang)
Genus                          : Oryctolagus
Spesies                        : Oryctolagus cuniculus
thumbnail Title : Klasifikasi Kelinci
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-09-13T12:55:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 12.55