Klasifikasi Harimau


Klasifikasi Harimau - Panthera tigris atau yang lebih populer dengan sebutan Harimau loreng merupakan kucing terbesar kedua setelah Singa. Semula ada 9 anak jenis Harimau loreng, dimana 3 diantaranya telah punah yaitu Harimau Bali (Panthera tigris balica), Harimau Jawa (P.t. sondaica) dan Harimau Kaspia (P.t. virgata). Sisanya adalah Harimau Siberia (P.t. altaica), Harimau Cina Selatan (P.t. amoyensis), Harimau Sumatera (P.t. sumatrae), Harimau Indochina (P.t. corbetti), Harimau Malaya (P.t. malayensis) dan Harimau Benggala (P.t. tigris).

Klasifikasi Harimau

Harimau biasanya memburu mangsa yang agak besar seperti rusa sambar, kijang, babi, kancil, tetapi akan memburu hewan kecil seperti landak apabila mangsa yang agak besar itu tidak ada. Meskipun berasal dari keluarga yang sama, harimau berbeda dengan kucing biasa yang kecil, harimau sangat suka berenang, dan pada dasarnya kucing takut dengan air.

Salah satu dari jenis harimau adalah harimau sumatera . Harimau Sumatera merupakan harimau yang hidup di pedalaman sumatera. Harimau ini termasuk harimau yang tergolong makhluk hidup yang hampir punah. Hal ini dikarenakan banyak pemburu liar yang memburu harimau untuk berbagai macam keperluan seperti kulit nya untuk dijadikan hiasan,tanpa mempedulikan jumlahnya. Harimau ini masih tergolong keluarga kucing, namun besar dan aktif dalam memakan daging ( tidak memakan tumbuhan/karnivora ). Ciri ciri harimau ini adalah kulit belangnya dan cakar yang tajam. Panjang harimau ini kira kira mencapai 2 - 3 meter lebih. Tak jarang hewan ini lewat di jalanan sepi, bahkan memasuki perkampungan warga.

Ciri-ciri: Berat antara 180 dan 320 kg (Jantan) & antara 120 dan 180 kg (Betina). Terkecil yang masih hidup adalah Harimau Sumatera (100 – 150 kg) dan yang terbesar adalah Harimau Siberia (180 -300 kg). Panjang jantan antara 2,6 dan 3,3 meter & betina antara 2,3 dan 2,75 meter Semuanya memiliki lebih dari 100 loreng.

Habitat: Habitat bervariasi mulai hutan tropis, hutan rumput tinggi, hutan pohon daun jarum, hutan rawa-rawa, hutan bakau, dan hutan duri kering. Namun secara umum harimau memerlukan areal penutup yang padat, terdapat akses terhadap air dan tersedia mangsa yang cukup banyak. Semula penyebarannya meliputi seluruh wilayah Asia, namun sekarang tersebar hanya di India, Asia Tenggara (Indochina, Malaya dan Sumatera), China dan Rusia Timur Jauh (Amur).

Klasifikasi Harimau (Panthera tigris)
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Classis : Mammalia
Ordo : Carnivora
Familia : Felidae
Genus : Panthera
Species : Phantera tigris
thumbnail Title : Klasifikasi Harimau
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-09-14T14:41:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.41