Klasiikasi Lada (Piper nigrum)


Klasiikasi Lada - Lada (Piper nigrum L.) yang bukan tanaman  asli Indonesia merupakan salah satu komoditas rempah penting. Ekspor lada padatahun 2002 mencapai 65.011 ton dengan nilai 221.090 ribu dolar Amerika Serikat. Ekspor lada Indonesia berupa lada hitam,  lada putih, dan lada hijau, tetapi sebagian besar lada  putih dengan negara tujuan Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang. 

Lada


Luas areal pertanaman lada di Indonesia  adalah 160.924 ha, dengan produksi 67.099 ton Daerah produksi utama adalah Lampung, Bangka, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan  Sulawesi Selatan (Ditjenbun 2002). 

Di dunia, terdapat lebih dari 1000 genus lada, sosok tanaman berupa semak, herba atau liana, hidup tersebar di daerah pantropik, namun keragaman terbesar terdapat di Amerika tropik, disusul oleh  Asia Selatan yang merupakan daerah asal tanaman  lada dan sirih (Jaramillo dan Manos 2001). Tanaman lada diperkirakan masuk ke Indonesia pada tahun 100-600 SM melalui Banten, kemudian menyebar ke Lampung, Bangka, Surakarta, dan  Yogyakarta. Sekarang, Surakarta, Yogyakarta, dan  Banten tidak lagi dikenal sebagai daerah pertanaman lada (Wahid 1996a). Lada yang merupakan tanaman tahunan memanjat diperbanyak dengan cara setek.

MORFOLOGI
Batang tanaman lada biasa disebut stolon yaitu batang pokok yang tumbuh ke atas dan dari bagian batang pokok akan tumbuh cabang-cabang ortotrop (vertikal) dan cabang plagiotrop (horizontal). Batang lada berbentuk agak pipih dan beruas-ruas dengan panjang setiap ruas 7 – 12 cm.

deskripsi lada

Daunnya merupakan daun tunggal dengan tekstur kenyal, panjang daun 12 - 18 cm dan lebar daun 3 cm dengan tangkai sepanjang 4 cm. Permukaan daun bagian berwarna hijau tua mengkilat dan bagian bawah berwarna hijau tua pucat tidak mengkilat. Daun lada agak unik karena bentuknya berbeda-beda tergantung dari mana daun tersebut tumbuh. Daun yang keluar pada bagian atas bentuknya panjang dan daun yang tumbuh pada bagian bawah cenderung membulat.

Bunga tanaman lada adalah majemuk yang tumbuh mengelilingi malai bunga. Setiap malai terdiri dari 100–150 bunga yang nantinya akan menjadi buah. Malai bunga hanya akan keluar dari cabang plagiotrop. Bunga tanaman lada tergolong bunga lengkap yang terdiri dari tajuk, mahkota bunga, putik, dan benang sari. Buahnya berbentuk bulat dengan biji keras dan berkulit lunak, berwarna hijau tua pada waktu muda dan berangsur-angsur kekuning-kuningan lalu berwarna kemerahan bila buah tersebut telah masak. Diameter biji 3–4 mm dan dilindungi oleh daging buah yang tebalnya 2 cm (Nurmas, 2010).

KLASIFIKASI Piper nigrum

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Magnoliidae
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae (suku sirih-sirihan)
Genus: Piper
Spesies: Piper nigrum L.

thumbnail Title : Klasiikasi Lada (Piper nigrum)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-06-16T23:44:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.44