Klasifikasi Melinjo (Gnetum gnemon)


Klasifikasi Melinjo (Gnetum gnemon) - Melino atau dalam bahasa latin adalah Gnetum gnemon adalah tumbuhan Gymnospermae. Melinjo merupakan tumbuhan tahunan berbiji terbuka, berbentuk pohon yang berumah dua (dioecious, ada individu jantan dan betina).Bijinya tidak terbungkus daging tetapi terbungkus kulit luar. Batangnya kokoh dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Daunnya tunggal berbentuk oval dengan ujung tumpul. Melinjo tidak menghasilkan bunga dan buah sejati karena bukan termasuk tumbuhan berbunga. Yang dianggap sebagai buah sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh selapis aril yang berdaging.


Habitus Melinjo
Di Indonesia, melinjo dikenal sebagai salah satu tanaman multiguna. Bagian bijinya bisa diolah menjadi kerupuk yang nikmat. Bagian kulit biji bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner. Daun melinjo yang masih muda sangat nikmat diracik menjadi sayuran pendamping makanan. Dalam keseharian, tanaman dan juga buahnya dikenal dengan nama melinjo. Namun, dalam dunia akademis, melinjo dikenal dengan nama ilmiah Gnetum gnemon Linn. Lebih lanjut, dalam lingkup ilmu pengetahuan, penting untuk mengetahui klasifikasi melinjo tersebut.

Biji Melinjo


Melinjo jarang dibudidayakan secara intensif. Kayunya dapat dipakai sebagai bahan papan dan alat rumah tangga sederhana. Daun mudanya (disebut sebagai so dalam bahasa Jawa) digunakan sebagai bahan sayuran (misalnya pada sayur asem). Bunga (jantan maupun betina) dan bijinya yang masih kecil-kecil (pentil) maupun yang sudah masak dijadikan juga sebagai sayuran. Biji melinjo juga menjadi bahan baku emping..Kulitnya bisa dijadikan abon kulit melinjo.

KLASIFIKASI Gnetum gnemon

Kerajaan: Plantae
Divisi: Gnetophyta
Kelas: Gnetopsida
Ordo: Gnetales
Famili: Gnetaceae
Genus: Gnetum
Spesies: G. gnemon
Nama binomial : Gnetum gnemon
thumbnail Title : Klasifikasi Melinjo (Gnetum gnemon)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-05-04T19:34:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 19.34