Klasifikasi Ulva lactuca


Klasifikasi Ulva lactucaUlva lactuca sejenis tumbuhan tingkat rendah alga atau juga dikenal dengan rumput laut. Habitatnya di air laut dan air tawar seperti danau dan biasanya menempel pada karang di sepanjang pantai. Ciri khususnya yaitu berwarna hijau dan tergolong ke dalam cholorophyta, Thallus berbentuk sebuah daun atau berbentuk kipas.

Ulva lactuca
Ulva bereproduksi secara seksual dengan cara menghasilkan spora. Prosesnya cukup unik karena Ulva menghasilkan tanaman haploid (berkromosom tunggal/n) dan diploid (berkromosom ganda/2n) secara bergantian. Tanaman dewasa dengan gen diploid memproduksi spora haploid melalui pembelahan meiosis. Spora tersebut selanjutnya akan tumbuh menjadi tanaman dewasa jantan & betina yg masing-masing haploid. Kedua tanaman yang berbeda kelamin tersebut pada masa reproduksinya akan melepas gamet haploid kelaut & dalam prosesnya, kedua gamet tersebut akan bergabung membentuk spora diploid. Spora diploid itu lalu menempel ke substrat yang keras dan tumbuh menjadi tanaman diploid untuk kemudian mengulangi proses di atas ketika mencapai kematangan seksual.

Manfaat Ulva lactuca
Ulva oleh para ahli dianggap sebagai sumber makanan yang sehat bagi manusia. Hal tersebut karena sebagai salah satu anggota dari rumput laut, Ulva mengandung serat sehingga memakan Ulva dalam jumlah besar membantu memperlancar pencernaan orang yg memakannya. Ulva juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Hal tersebut merujuk pada fakta bahwa Ulva yang dikeringkan mengandung 18,7% air, 14,9% protein, 0.04% lemak, 50.6% gula tepung, dan 0.2% serat. Adapun vitamin dan mineral yang ada dalam Ulva antara lain vitamin A (jumlahnya sama dengan yg terkandung dalam kubis), vitamin B1, vitamin C, serta iodin (jumlahnya 31 ppm).

Klasifikasi Ulva lactuca
Regnum    : Alga
Divisi : Chlorophyta
Kelas : Chlorophyceae
ordo  : Ulvales
famili  : Ulvaceae
Genus : Ulva

Spesies Ulva lactuca
thumbnail Title : Klasifikasi Ulva lactuca
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-03-27T21:33:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.33