Klasifikasi Kenanga (Cananga odorata)


Klasifikasi Kenanga (Cananga odorata) - Kenanga adalah salah satu tumbuhan yang berjenis Pohon, biasanya tumbuh sangat cepat sekitar 5 meter per tahun, berbatang besar dengan diamater 0,1 -0,7 m. Usia nya bisa mencapai puluhan tahun.  Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara (akustik). Memerlukan sinar matahari penuh atau sebagian, dan lebih menyukai tanah yang memiliki kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Daunnya panjang, halus dan berkilau. Bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu, tetapi jarang), menggelung seperti bentuk bintang laut, dan mengandung minyak biang, cananga oil yang wangi.

Bunga Kenanga

Tanaman yang merupakan famili annonaceae ini diduga berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kenanga lazim ditanam di Polinesia, Melanisia, dan Mikronesia. 

Pemanfaatan:
bahan campuran tembakau, agar beraroma harum. Tak kalah menarik, orang-orang Banyumas (Jawa Tengah) terbiasa memanfaatkan ekstrak bunga kenanga untuk menyembuhkan serangan penyakit malaria. Caranya, keringkan 3 kuntum bunga kenanga, sedu dengan segelas air panas, dan tutup rapat. Saring dan minum teratur.

Klasifikasi:
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Cananga
Spesies: Cananga odorata
thumbnail Title : Klasifikasi Kenanga (Cananga odorata)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-02-18T09:34:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.34