Klasifikasi Ikan Hiu


Klasifikasi Ikan Hiu (Carcharias menissorah) - Habitat ikan hiu umumnya di laut tepatnya di perairan laut dalam. Morfologi: Bentuk tubuhnya terpedo, memiliki sirip dada (Pinna pectoralis) berfungsi untuk pergerakan maju. Sirip Perut (Pinna pelvic) berfungsi untuk menempelkan tubuhnya pada substrat. Sirip Dubur (Pinna anal) berfungsi untuk isolasi yang berlebihan. Sirip Punggung (Pinna dorsalis) berfungsi dalam stabilitas ikan pada saat berenang. Sirip ekor (Pinna caudal) berfungsi dalam pergerakan ke kanan dan ke kiri. terdapat celah insang berjumlah lima buah. Tubuhnya tertutup sirip plakoid.

Ikan Hiu

Kerangka hiu sangat berbeda dibandingkan dengan ikan-ikan bertulang seperti misalnya ikan kod, karena terbuat dari tulang muda (tulang rawan), yang sangat ringan dan lentur, meskipun tulang muda di ikan-ikan hiu yang lebih tua kadang-kadang sebagian bisa mengapur, sehingga membuatnya lebih keras dan lebih seperti tulang. Rahang hiu beraneka ragam dan diduga telah berevolusi dari rongga insang yang pertama. Rahang ini tidak melekat pada cranium dan mempunyai deposit mineral tambahan yang memberikannya kekuatan yang lebih besar.

Anatomi Ikan Hiu : Anatomi internal tubuh hiu berbeda dengan ikan yang memiliki tulang sejati (tulang keras). Salah satu perbedaan utama adalah bahwa semua hiu memiliki kerangka kartilago. Penyayatan perut dari panggul sirip ke sirip dada organ pertama ditemui adalah hati. Hati menempati sebagian besar rongga tubuh hiu. Hati hiu berukuran besar, lembut dan berminyak. Organ ini terdiri dari hingga 25% dari total berat badan.

Hati hiu memiliki dua fungsi. Yang pertama adalah sebagai penyimpan energi karena semua cadangan lemak disimpan di sini. Fungsi kedua hati adalah untuk organ hidrostatik. Pelumas yang lebih ringan dari air disimpan dalam hati. Hal ini mengurangi kepadatan sehingga memberikan daya apung tubuh untuk mencegah tenggelamnya hiu. Selain hati, lambung dapat dilihat di dalam rongga tubuh. Di dalam perut hiu sering ditemukan isi makanan terakhir.

KLASIFIKASI IKAN HIU:
Kingdom : Animalia
Filum       : Chordata
Ordo        : salachi
Family     : Charcharidae
Class       : Chondrichtyes
Genus      : Charcarias
Spesies    : Carcharias menissorah
thumbnail Title : Klasifikasi Ikan Hiu
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-02-19T08:16:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.16