Metabolisme Karbohidrat


Metabolisme Karbohidrat - Pengertian Metabolisme Karbohidrat - Metabolisme merupakan modifikasi senyawa kimia secara biokimia di dalam organisme dan sel. Metabolisme mencakup sintesis (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) molekul organik kompleks. Metabolisme biasanya terdiri atas tahapan-tahapan yang melibatkan enzim, yang dikenal pula sebagai jalur metabolisme. Metabolisme total merupakan semua proses biokimia di dalam organisme. Metabolisme sel mencakup semua proses kimia di dalam sel. Tanpa metabolisme, makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup.

salah satu proses metabolisme karbohidrat

Pada metabolisme karbohidrat pada manusia dan hewan secara umum, setelah melalui dinding usus halus sebagian besar monosakarida dibawa oleh aliran darah ke hati. Di dalam hati, monosakarida mengalami sintesis menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO 2 dan H 2O atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah kebagian tubuh yang memerlukannya.

Dalam perkembangannya metabolisme terdiri dari metabolisme karbohidrat, metabolisme lipid, metabolisme protein, dan metabolisme asam amino. Metabolisme Karbohidrat yang akan dibahas merupakan proses menguraikan dan pembakaran karbohidarat menjadi beberapa bagian agar dapat digunakan dalam tubuh sehingga bisa menjadi sumber energy, Proses dalam metabolisme karbohidrat adalah Glikolisis, daur asam sitrat, dan transfor electron.

thumbnail Title : Metabolisme Karbohidrat
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-08-10T08:03:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.03