Manfaat Wortel


Manfaat Wortel - Wortel merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung gizi yang tinggi. Wortel mengandung banyak vitamin A, dan sumber gizi yang lainnya. Di Indonesia wortel biasanya dijadikan sayuran. Manfaat wortel bisa kita peroleh dengan cara memakannya langsung atau dengan memasaknya terlebih dahulu. Sayuran yang memiliki nama latin Daucus Carota ini tersebar hampir diseluruh penjuru dunia dan bisa tumbuh sepanjang tahun.
manfaat wortel
Wortel memiliki unsur lainseperti kalori, protein, hidrat arang, kalsium, dan besi. Wortel adalah tumbuhan yang ditanamsepanjang tahun dan dapat tumbuh pada semua musim, terutama di daerah pegunungan yangmemiliki suhu udara dingin dan lembap. Wortel merupakan sayuran yang mudah didapatkan dan manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Gizi yang dikandung dalam satu buah wortel
Manfaat wortel selain dari yang sudah disebutkan diatas ternyata masih banyak lagi. Dari beberapa penelitian tentang manfaat wortel ini diketahui ternyata wortel juga bermanfaat untuk Mencegah penuaan dini Menjaga kolesterol dalam tubuh kita Mencegah timbulnya jerawat Mengurangi dampak resiko serangan stroke Menjaga kesehatan jantung.

Satu cangkir wortel (16,679 mcg) mengandung banyak beta karoten bisa menurunkan risikoterkena berbagai penyakit kanker. Satu cangkir dapat mengurangi 20 persen kanker payudarapasca menopause, dan bisa menekan sebanyak 50 persen kanker kandung kemih, juga 50persenkanker paru-paru jika kita mengonsumsinya. Wortel pun menurut Dr Win baik untuk mencegahdiabetes. “Berbanding terbalik dengan resistensi insulin, bisa mencegah diabetes. Dia berbandingterbalik artinya jika dia makan wortel resistensi berkurang, kalau enggak makan naik,”pungkasnya. Dari penelitian Journal of Agricultural pada Ford Chemistry kandungan fulcarinoidyang dimiliki wortel bisa menurunkan risiko kanker usus besar.


thumbnail Title : Manfaat Wortel
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-08-11T09:29:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.29