STRUKTUR AKAR


STRUKTUR AKAR - Akar merupakan organ yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan taruk. Daun akan membantu tumbuhan untuk mengubah energi foton menjadi energi kimiawi, ketika tumbuhan mendapatkan air dan mineral yang diserap melalui akar.

Struktur akar

Tipe sistem akar
Sistem akar tersusun atas yaitu:

  • akar primer dan akar

sekunder (akar lateral)

  • Sistem akar primer

Sistem akar tunggang
Sistem akar serabut
Akar adventif

Akar yang pertama kali terbentuk dari biji radikula (akar primer) tumbuh membentuk akar tunggang yang bertahan sampai tumbuhan dewasa Pada akar tunggang dapat terbentuk akar cabang (akar latereal).

Sistem akar tunggang Sistem akar yang terdiri atas akar primer/utama yang besar dan terlihat jelas serta membentuk banyak akar lateral yang relatif lebih kecil umum ditemukan pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae Pada beberapa tumbuhan, akar tunggang dapat berperan sebagai penyimpan cadangan makanan, mis. Daucus carota, Beta vulgaris, Raphanus sativus dll.n Pada tumbuhan ‘poison ivy’ (Hedera helix) akar tunggang berukuran sangat panjang sumber air.

Sistem akar yang terdiri atas beberapa akar berukuran relatif seragam, yang tumbuh dari dasar batang. Percabangan lateral umumnya lebih kecil Akar umumnya kecil dan panjang Ditemukan pada tumbuhan monokotil, mis. Allium, Cyperus, Oryza dll. Terbentuk pada tumbuhan yang masa tumbuh akar embrioniknya relatif singkat.


thumbnail Title : STRUKTUR AKAR
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-08-09T06:16:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 06.16