Peranan Kromosom –X dan –Y


Peranan Kromosom –X dan –Y – disini akan dibahas tentang materi genetic tentang Peranan Kromosom –X dan –Y pada Drosophila Melanogaster dan manusia. Pada Drosophilia  memiliki gen-gen yang menentukan sifat betina. Kecuali itu kromosom X membawa kehidupan, karena itu lalat yang tidak memiliki X (lalat YO) tidak ada (letal).

Ilustrasi

Kromosom –Y tidak mempunyai pengaruh dalam penentuan jenis kelamin. Sifat kejantanan ditentukan oleh autosom. Akan tetapi kromosom –Y menentukan kesuburan (fertilitas), karena itu lalat yang tidak memiliki kromosom –Y (lalat XO) mandul (steril).

Pada Manusia : inti sel tubuh manusia mengandung 46 buah kromosom, terdiri dari 44 (= 22 Pasang) autosom dan 2 (= 1 pasang) kromosom kelamin.

Seorang perempuan memiliki 22 pasang autosom dan 1 pasang kromosom-X, sehingga formula kromosom untuk perempuan ialah 22AAXX. Seorang laki-laki memiliki 22 pasang autosom + 1 kromosom –X + 1 kromosom –Y, maka formula kromosom untuk orang laki-laki 22AAXY.

Mengingat hal itu maka orang perempuan membentuk satu macam sel telur (ovum) haploid yang mengandung 22 autosom dan sebuah kromosom –X (22AX). Tetapi laki-laki membentuk dua macam spermatozoa, yaitu:
.spermatozoa yang memiliki 22 autosom dan sebuah kromosom –X (22AX) yang dinamakan Ginospermium. .Spermatozoa yang memiliki 22 autosom dan sebuah kromosom –Y (22 AY) yang dinamakan androspermium).

Androspermium lebih kecil dari pada ginospermium. Apabila sebuah sel telur dibuahi oleh sebuah ginospermium, terjadilah anak perempuan. Tetapi bila yang membuahi androspermium, terjadilah anak laki-laki.
thumbnail Title : Peranan Kromosom –X dan –Y
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-04-04T21:35:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.35