Nutrisi Tanaman


Nutrisi Tanaman - Nutrisi tanaman merupakan suatu zat yang sangat penting bagi produksi tanaman pertanian yang mengandung unsur hara yang diperlukan oleh tanaman itu sendiri. Nutrisi tanaman dikelompokkan menjadi tiga bagian utama:

macam-macam pupuk

  1. Unsur Hara Makro: unsur hara yang banyak digunakan oleh tanaman dan harus ada, jika tidak ada maka tanaman itu tidak dapat melaksanakan metabolismenya. Unsur hara makro yang dimaksud disini adalah C, H, O, N, S, P, Ca, K, Mg, dan Fe.
  2. Unsur Hara Mikro: unsur hara yang sedikit digunakan oleh tanaman dan harus ada, jika tidak ada maka tanaman itu sulit untuk melaksanakan metabolismenya. Unsur hara mikro: Cu, Mn, Zn, Mo, dan B.
  3. Unsur hara Ultra (tambahan): unsur hara yang sedikit digunakan oleh tanaman dan sebagai pelengkap dalam pertumbuhan tanaman, jika unsur hari ini tidak ada metabolisme dapat berlangsung, tetapi pertumbuhan kurang baik. Unsur hara ultra: Cl, Na, Si, Al
Jika tanaman kekurngan pasokan nutrisi tersebut, maka pertumbuhannya menjadi tidak normal, dan bahkan tanaman akan mati sebelum melengkapi siklus hidupnya. 
thumbnail Title : Nutrisi Tanaman
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-04-26T06:50:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 06.50