Praktikum Struktur Hewan Jaringan Epitel



Praktikum Struktur Hewan Jaringan Epitel - Jaringan epitel merupakan suatu lapisan dari sel-sel yang susunannya rapat, matriks ekstraselnya sedikit dan biasanya membatasi rongga-rongga di dalam tubuh atau menutupi permukaan tubuh. Epitel tersebut biasanya dinamakan epitel tertutup. Jaringan epitel dapat juga dijumpai pada berbagai kelenjar, oleh sebab itu dinamakan dengan epitel kelenjar. Bentuk jaringan epitel berupa lembaran selapis atau beberapa lapis. Jaringan epitel terdiri atas sel-sel yang bentuknya sama, yang berkumpul dengan sangat erat dengan bahan ekstraseluler atau matriks yang sangat sedikit. Jaringan epitel adalah salah satu dari empat jaringan dasar.

jaringan epitel

  • Epitel penutup: epitel selapis pipih dijumpai membatasi lumen dari pembuluh darah dan pembuluh limfe.
  • Epitel Kelenjar: semua kelenjar eksokrin di dalam tubuh tersusun atas sel-sel epitel. Hal yang sama terdapat pada kelenjar endokrin kecuali pada pars nervosa hifofisis dan medulla grandula adrenal yang keduanya terdiri atas jaringan saraf termodifikasi.

Tujuan praktikum Jaringan epitel ini adalah untuk mengamati jenis-jenis epitel penutup dan epitel kelenjar.  Ada beberapa praktikum dalam jaringan epitel adalah:

  1. Jaringan epitel silindris
  2. Lapisan prietalis pada kapsula browman
  3. Endotelium/ jaringan pembuluh darah
  4. Tubulus Proksimal
  5. Tubulus distalEpitel berlapis banyak palsu pada trakea
  6. Penampang melintang usus ( Deudenum)
  7. Kelenjar Sabaceus
  8. Hair Skin (Kelenjar keringat)
  9. Kulit

thumbnail Title : Praktikum Struktur Hewan Jaringan Epitel
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-03-24T16:58:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 16.58