Porifera


Porifera adalah hewan air yang hidup di laut, hidupnya selalu melekat pada substrat dan tidak dapat berpindah tempat secara bebas. Ciri utamanya mempunyai lubang yang banyak dan membentuk suatu system saluran air dan makanan yang larut didalamnya diambilo oleh hewan tersebut masuk melalui lubang ostium, kemudian masuk ke dalam rongga tubuh. Setelah makanan diserap, air yang berlebih dikeluarkan melalui lubang yang disebut Oskulum.

contoh porifera

Terdapat sel dengan bentuk khusus yang disebut sel koamosit atau sel leher yang berfungsi untuk pencernaan makanan. Sel koamosit memiliki nucleus, vakuola, dan flagel. Karena pencernaan berlangsung dalam sel disebut intrasel, mempunyai eksoskeleton (rangka luar) terdiri dari serabut-serabut lentur yang disebut sponging dan terdiri atas duri atas duri yang disebut spikula. Pembiakan dengan cara generative (kawin), hewan ini mempunyai daya regenerasi yang tinggi.

Porifera dibedakan menjadi 3 Golongan:
  • Calcarea : Sycon dan Cluhrim
  • Hexactinelida : Pheronia
  • Demospongia : Euspongila, Spongila

Menurut tim dosen, tipe system pembuluh oleh porifera yaitu:
  • Aston
  • Sycon
  • Rhagon

Spons adalah hewan dari filum porifera, tubuh mereka terdiri dari Mesbhyl Jely seperti terjadi diantara dua lapisan tipis sel. Sementara semua hewan memiliki sel terspesialisasi yang dapat berubah menjadi sel-sel khusus, spons yang unik dalam memiliki beberapa sel khusus yang dapat berubah menjadi jenis lain, sering bermigrasi anatara lapisan sel utama dan mesohyl dalam proses. Spons tidak memiliki system saraf, pencernaan atau peredaran darah, sebaliknya, sebagian besar bergantung pada memperthankan aliran air konstan melalui tubuh mereka untuk mendapatkan makanan dan oksigen dan untuk menghilangkan limbah, dan bentuk tubh mereka untuk diadaptasi untuk memaksimalkan fesiensi aliran air. Semua hewan air sessile dan meskipun spesies air tawar, sebagian besar adalah air laut (air garam) spesies, mulai dari zona pasang surut sampai kedalaman lebih dari 8800 meter.
thumbnail Title : Porifera
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-03-08T08:55:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.55