Menyigi Perkembangan Kawasan Industri Di Indonesia



9.3 industri karawang

Menyigi Perkembangan Kawasan Industri Di Indonesia

Geliat perkembangan kawasan industri di Indonesia memang sangat luar biasa. Jika saat ini industri Karawang sudah jadi salah satu ikon industri Indonesia, ternyata di berbagai daerah juga terjadi pertumbuhan kawasan industri yang sangat signifikan. Alhasil, keinginan untuk membuat Indonesia semakin maju akan lebih dekat untuk jadi kenyataan.


Lima Kawasan Industri Yang Siap Go Internasional
Saat ini kebanyakan investor lebih bercaya untuk ikut Investing Indonesia di kawasan pulau Jawa seperti Bekasi, Cirebon, Tangerah hingga Surabaya. Sedangkan sebenarnya potensi daerah lain seperti Sumatera hingga Papua sangatlah banyak. Namun geliat ke arah lebih baik sudah terlihat di beberapa pulau luar Jawa tersebut, tinggal menunggu kontribusi pihak yang ingin melihat Indonesia maju.


     1.    Sumatera
Daerah di Sumatera memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, saat ini sekitar 525 juta hektar lahan di Sumatera sudah dimanfaatkan untuk kawasan industri. Diantaranya di Medan, Pariaman, Bengkulu, hingga Lampung. Kebanyakan industri yang berkembang di kawasan tersebut adalah perumahan dan logam namun ada juga industri makanan dan tekstil.
     
      2.    Riau
Lebih dari 500 juta hektar di kawasan Riau, Bintan hingga Batam sudah menggeliat di sektor industri. Hal ini jugalah yang kemudian menjadikannya sebagai saingan industri Karawang yang sudah mendunia itu. Setidaknya da 10 kawasan industri yang berkembang disana dan sudah terasa manfaatnya bagi banyak pihak.


     3.    Kalimantan, Ambon, Sulawesi, Papua
Kawasan ini menjadi berkembang karena cirri khas masing-masing terutama di bidang pertambangan. Walaupun jika dikalkukasikan luas kawasan industrinya hanya mencapai sekitar 220 juta hektar namun hasil dari berbagai industri tersebut cukup signifikan dan berpotensi besar untuk dikembangkan melalui tangan-tangan investor yang berperan dalam investing Indonesia.

Kalau semua pulau bisa mengembangkan kawasan industri dengan maksimal tak tertutup kemungkinan industri Karawang  punya saingat berat. Hal ini terlihat dari potensi yang sangat signifikan dari berbagai daerah tersebut, bahkan saat ini pertumbuhannya sudah sangat luas dan memberikan feedback positif bagi berbagai pihak terutama masyarakat di sekitar kawasan tersebut.  Anda mau ikut berinvestasi?



thumbnail Title : Menyigi Perkembangan Kawasan Industri Di Indonesia
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2019-12-01T11:30:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 11.30