Klasifikasi Ikan Pari


Klasifikasi Ikan Pari - Ikan pari memiliki beberapa jenis, dan salah satunya adalah ikan pari manta yang merupakan spesies paling besar di ikan pari. Namun dibeberapa jenis spesian ikan pari lainnya juga memiliki tubuh yang kecil, jenis ikan pari inilah yang sering dikonsumsi oleh banyak orang.

Klasifikasi Ikan Pari

Ukuran ikan pari dewasa bervariasi. Ikan pari yang berukuran relatif kecil memiliki panjang 10 cm dan lebar 5 cm.  Ikan pari terbesar, dikenal juga pari manta, berukuran panjang  700 cm, lebar 610 cm, dan berat 1-3 ton

Ikan pari adalah kelompok ikan yang merupakan ikan bertulang rawan sama dengan hiu. Mereka diklasifikasikan dalam subordo Myliobatoidei dari Myliobatiformes ketertiban dan terdiri dari delapan keluarga: Hexatrygonidae (ikan pari sixgill), Plesiobatidae (ikan pari air dalam), Urolophidae (stingarees), Urotrygonidae (sinar bulat), Dasyatidae (ikan pari whiptail), Potamotrygonidae (ikan pari sungai), Gymnuridae (sinar kupu-kupu), dan Myliobatidae (pari elang).

ikan pari memiliki bentuk yang gepeng, dan memiliki sepasang sirip di dada yang melebar dan menyatu dengan sisi kiri dan kananya.ikan pari memiliki ekor yang dapat tumbuh secara cepat, selain hidup di perairan dalam, ikan pari hidup juga di daerah perairan berlumpur, lumpur berpasir, tanah keras dan lautan yang berbatu atau koral. pertumbuhan ikan pari ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor dalam (genetik, umur dan ukuran) faktor luar (lingkungan, sifat kimia dan fisiska perairan dan komponen hayati). makanan ikan pari umumnya adalah ikan muda dan ikan larva yang terdapat di dalam perairan, ikan pari sebenarya merupakan ikan predator  yang memiliki gigi gigi kecul yang berfungsi sebagai penghancurn makanan.

Klasifikasi Ikan Pari


Klasifikasi Ikan Pari
KINGDOM Animalia
FILUM Chordata
KELAS Chondrichthyes
ORDO Rajiformes
FAMILI Myliobatidae
GENUS Himantura
SPESIES Himantura sp.
thumbnail Title : Klasifikasi Ikan Pari
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-10-13T18:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 18.00