Peran Ekosistem Mangrove bagi Udang Kelong (P. Indicus)


Peran Ekosistem Mangrove bagi Udang Kelong (P. Indicus) - Secara ekologis, mangrove memegang peranan kunci dalam pemutaran nutrien atau unsur hara pada perairan pantai di sekitarnya yang dibantu oleh pergerakan pasang surut air laut. Interaksi vegetasi mangrove dengan lingkungannya mampu menciptakan kondisi iklim yang sesuai untuk kelangsungan proses biologi beberapa organisme akuatik, yang termasuk melibatkan sejumlah besar mikroorganisme dan makroorganisme.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dimana terdapat mangrove berarti disitu juga merupakan daerah perikanan yang subur, karena terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hutan mangrove dengan tingkat produksi perikanan (Kordi, 2012).

Udang Kelong

Arief (2003), menjelaskan bahwa banyak jenis hewan menggunakan ekosistem mangrove untuk mencari makan dan menjadikannya sebagai tempat berlindung selama masih muda (sebagian hidupnya), ada pula yang menghabiskan seluruh siklusnya di ekosistem mangrove. Ada pergerakan materi organik dan anorganik ke dalam dan ke luar ekosistem mangrove secara terus-menerus. Proses-proses eksternal yang menentukan tersedianya air, hara, stabilitas habitat, seringkali tidak tampak sebagai bagian dari ekosistem mangrove. Ekosistem mangrove menjadi habitat bagi fauna krustase dan moluska. Menurut Kordi (2012), tercatat 80 spesies krustase dan 65 moluska yang hidup diperairan mangrove, salah satunya adalah udang kelong (P. indicus).

Lingkungan ekosistem mangrove menjadi tempat yang cocok bagi biota akuatik untuk memijah (spawning ground), pengasuhan anaknya (nursery ground) dan tempat mencari makan (feeding ground). Dalam kaitannya dengan makanan, ekosistem mangrove menyediakan makanan bagi berbagai biota akuatik dalam bentuk material organik yang terbentuk dari jatuhan daun serta berbagai kotoran hewan darat yang kemudian diubah oleh mikroorganisme menjadi bioplankton yang sangat dibutuhkan biota laut (Sasekumar et al., 1992).
thumbnail Title : Peran Ekosistem Mangrove bagi Udang Kelong (P. Indicus)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-04-04T07:34:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 07.34