Pengertian Perairan Pesisir


Pengertian Perairan Pesisir - Perairan pesisir adalah zona daratan yang paling akhir dan zona lautan paling  awal (transisi). Seperti sebuah keranjang sampah, setiap limbah yang diangkut oleh  sungai dari daratan dimuntahkan di kawasan ini. Pencemaran pesisir mempunyai  dampak negatif bagi kehidupan biota, sumber daya dan kenyamanan (amanities)  ekosistem laut serta kesehatan manusia (Nontji, 1993). Estetika dan kualitas biotik  pasti menurun dan terancam sebagai akibat pencemaran dan aktifitas (ekploitasi)  yang tidak terkontrol. Kerugian besar sesungguhnya mengancam kehidupan manusia  jika kelestarian dan keseimbangan dalam keseluruhan zona diabaikan. Bentuk  dampak dari pencemaran adalah berupa sedimentasi, eutrofikasi, anaxia (kekurangan oksigen), masalah kesehatan umum, kontaminasi element berbahaya dalam rantai  makanan, keberadaan spesies asing, dan kerusakan fisik habitat (Dahuri et al., 2004). 

Perairan Pesisir

 Menurut UNEP (1990) dalam Dahuri et al., (2004), sebagian besar (kurang  dari 80% pencemaran darat oleh aktifitas manusia berpengaruh besar terhadap  pencemaran di pesisir dan lautan. Limbah dan pencemaran oleh aktifitas penduduk  dan limbah rumah tangga yang terdistribusi secara sembarangan ternyata  mengandung mikroorganisme, diantaranya bakteri, virus, fungi dan protozoa yang  bersifat patogen ini menyebar dengan cepat dapat bertahan pada perubahan faktor  kimia dan fisik yang ekstrim. 

 Eishert (1990) mengelompokkan empat kategori limbah yang dapat  mencemari wilayah pesisir, yaitu: pencemaran limbah industri, limbah sampah  domestik (swage pollutin) yang umumnya mengandung bahan organik, pencemaran  sedimentasi (sedimentation pollution) akibat erosi di daerah hulu sungai, dan  pencemaran oleh aktifitas pertanian yakni oleh penggunaan pestisida. 


thumbnail Title : Pengertian Perairan Pesisir
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-03-25T10:42:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.42