Klasifikasi Anjing (Canis lupus)


Klasifikasi Anjing (Canis lupus)Anjing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Selain untuk menghilangkan kejenuhan juga hewan ini bisa dimanfaatkan sebagai menjaga keamanan di sekitar rumah. Menurut Wikipedia anjing adalah hewan mamalia yang mengalami domestifikasi dari serigala, yah anjing dan serigala mempunyai kemiripan yang hampir sama. Kali ini BiologiOnline.Info akan memberikan informasi singkat tentang hewan ini disertai dengan klasifikasinya, mari kita simak.


Anjing


Anjing memiliki berbagai jenis ras


Anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki kecerdasan yang tinggi

Anjing dikenal sebagai hewan yang pintar. Mereka juga begitu akrab dengan manusia bahkan mereka mendapat julukan sebagai “teman terbaik manusia”. Ada banyak pekerjaan yang bisa mereka lakukan untuk manusia. Mereka dilatih untuk menggembala ternak, berburu, penjaga, membantu nelayan dengan jaring. Bahkan mereka juga bisa menjadi detektif untuk membantu polisi menemukan pelaku kejahatan atau bahkan menemukan bom. Dan pada perkembangannya mereka juga bisa berolahraga, bermain film, sebagai pemandu, utility, dan bahkan mereka juga bisa digunakan untuk terapi psikologis.

Dalam sejarah taksonominya, pada tahun 1753 bapak taksonomi modern Carl Linnaeus mendaftarkannya dalam jenis hewan berkaki empat asing. Kata Latin untuk anjing adalah Canis. Spesies yang ada dalam genus ini diantaranya adalah rubah (Canis vulpes), serigala (Canis lupus) dan anjing domestik (Canis canis). Pada edisi selanjutnya pada 1758, Linnaeus menghilangkan Canis canis dan memperluas daftarnya dari genus Canis. Lalu ada banyak istilah untuk sinonim anjing domestic, termasuk aegyptius (anjing berbulu), aquaticus (anjing air) dan mustelinus (harfiah “anjing badger”). Lalu ada dua istilah yang banyak digunakan oleh para ahli untuk anjing domestik, yaitu Canis domesticus dan Canis familiaris.


Anjing domestic diterima dalam spesiesnya sendiri sampai ditemukan banyak bukti dari perilaku, vokalisasi, morfologi dan biologi molekuler yang mengarah pada pemahaman kontemporer bahwa serigala abu-abu adalah nenek moyang untuk semua spesies anjing domestik. Berdasarkan fakta ini, anjing direklasifikasi sebagai Canis lupus familiaris subspesies dari serigala abu-abu (Canis lupus) pada tahun 1993.

Anjing ras sangat bervariasi dalam ukuran, penampilan dan tingkah laku dibandingkan dengan hewan peliharaan yang lain. Sebagian besar anjing masih mempunyai ciri-ciri fisik yang diturunkan dari serigala. Anjing adalah hewan pemangsa dan hewan pemakan bangkai, memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat untuk menyerang, menggigit, dan mencabik-cabik makanan. Ciri-ciri khas dari moyang serigala masih bertahan pada anjing, walaupun penangkaran secara selektif telah berhasil mengubah bentuk fisik berbagai jenis anjing ras.

Anjing memiliki otot yang kuat, tulang pergelangan kaki yang bersatu, sistem kardiovaskuler yang mendukung ketahanan fisik serta kecepatan berlari, dan gigi untuk menangkap dan mencabik mangsa. Bila dibandingkan dengan struktur tulang kaki manusia, secara teknis anjing berjalan berjingkat dengan jari-jari kaki.

Klasifikasi Anjing

Kingdom/kerajaan       : Animalia
Filum                           : Chordata (mempunyai penyokong tubuh dalam)
Kelas                           : Mamalia (mempunyai kelenjar susu)
Ordo                            : Carnivora (pemakan daging)
Famili                           : Canidae (mamalia karnivora dan omnivore dari ordo carnivore)
Genus                          : Canis
Spesies                        : Canis lupus
thumbnail Title : Klasifikasi Anjing (Canis lupus)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-01-15T08:17:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.17