Klasifikasi Ceguk


Klasifikasi Ceguk - Pernah dengar tanaman ceguk? Yah namanya mirip-mirip dengan suatu keadaan tidak sadar yang pernah terjadi pada diri kita yaitu cegukan. Tetapi ini adalah tanaman, tanaman diberi nama ceguk karena bisa memberikan efek cegukan bagi seseorang yang mengkonsumsi sebagai obat herbal bersamaan dengan teh.Ceguk (Combretum indicum) adalah perdu dengan akar yang merambat atau memanjang dengan panjang dari 2-8 m yang berasal dari Myanmar dan bisa ditemui di ketinggian 600 mdpl. Ceguk dikenal pula dengan nama dani, udani, wudani (Melayu), bidani (Sunda), kacekluk, kaceklik, ceguk, cekluk, wedani (Jawa), rabet dani (Madura), kunyi-rhabet, rhabet besi, sarandengan (Kangean), dan tikao (Bugis).

Tanaman Ceguk

Tanaman membelit ke kiri atau memanjat, tinggi 1,5-5 m. Daun berhadapan atau lebih kurang berkarang, juga tersebar; tangkai 0,5–2 cm; helaian bulat telur memanjang, 5-18,5 kali 2,5-9 cm. Bunga di ujung dan di ketiak dalam bulir yang berbunga banyak; daun pelindung rontok sebelum mekar atau tetap, sampai panjang 2 cm. Bunga berkelamin 2. Tabung kelopak langsung, berambut pendek, hijau kuning; taju kelopak 5, segitiga, panjang 3-4 mm. Daun mahkota 5, duduk, bentuk memanjang, mula-mula putih, kemudian merah, akhirnya merah tua, sampai 1,5 cm panjangnya. Benang sari 10. Tangkai putik panjang, pada satu sisi bersatu dengan tabung kelopak, bersama benang sari muncul jauh di luar mahkota. Buah bentuk memanjang, dengan pangkal dan ujung menyempit, dengan 5 rusuk, coklat tua, 2,5–4 kali 1 cm. Hanya dalam daerah kultur; 1-300 m. Agaknya tanaman yang menjadi liar; juga ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat-obatan. Catatan: Buah di Jawa jarang. Bagian yang Digunakan Biji dan daun.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini merupakan tanaman herbal Indonesia yang kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui,antara lain:
Buah matang : Potassium quisqualata, lemak jenuh, trigonelline dan puridine.
Kulit buah dan daun : Potassium quisqualata. Bunga : Cyanidinemonoglycoside.
Daun dan tangkai : Tanin, saponin, sulfur, calsium oksalat, lemak, peroksidase, protein.

EFEK FARMAKOLOGIS : Tumbuhan ini bersifat : Manis, hangat, beracun(toksik). Masuk meridian limpa dan lambung. Obat cacing, membantu pencernaan, memperkuat limpa.

BAGIAN TANAMAN HERBAL YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan biji, buah masak kering, akar dan daun.

Klasifikasi Ceguk

Kerajaan: Plantae
Divisi:         Magnoliophyta
Kelas:          Magnoliopsida
Ordo:          Myrtales
Famili:          Combretaceae
Genus:           Combretum

Spesies:           C. indicum
thumbnail Title : Klasifikasi Ceguk
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-12-07T15:08:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 15.08