Pengertian Biopsi Otot


Pengertian Biopsi Otot - Adanya berbagai kelainan dan gangguan otot, menjadikan para ahli berusaha mengatasinya dengan kemajuan teknologi. Salah satu teknologi yang diketengahkan pada masyarakat yakni biopsi otot. Biopsi otot adalah salah satu teknik dalam pengambilan jaringan otot untuk mendiagnosis kanker. Sampai saat ini, tindakan biopsi ini diyakini sebagai cara untuk mendiagnosis lemahnya otot yang cukup baik.

Biposi Otot

Apabila pengambilan jaringan ini tidak dapat dilakukan karena sesuatu hal, maka diagnosis dapat digunakan dengan Elektro Mio Grafi (EMG). Melalui EMG, penyebaran otot yang mengalami kelainan dapat ditentukan. Indikasinya yakni ada gambar an miopati pada EMG seperti fibrilasi, miotonik dan chronic repetitive discharge. Gambaran ini dapat ditemukan terutama saat otot sedang istirahat.

EMG sensitif sekali pada penyakit-penyakit otot yang disebabkan adanya gangguan hantaran listrik pada membran otot. Sedangkan, kelainan yang menyebabkan perubahan diameter otot, densitas otot, tidak dapat ditentukan oleh EMG.
thumbnail Title : Pengertian Biopsi Otot
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-11-17T18:07:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 18.07