Pengertian dan Sejarah Virologi Tumbuhan


Pengertian dan Virologi Tumbuhan - Virologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan virus. Virologi tumbuhan merupakan salah satu cabang vurologi yang secara khusus mempelajari virus yang menginfeksi tumbuhan. Beberapa hal pokok yang menunjukkan betapa pentingnya mempelajari virologi tumbuhan adalah sebagai berikut, pertama: virologi tumbuhan diperlukan untuk menghindari kehilangan hasil tanaman akibat penyakit virus, kedua: virologi tumbuhan diperlukan untuk mengetahui sifat virus dan vektornya, serta struktur dan fungsi biologi makromolekul penyusun virus, seperti asam nukleat dan protein.

Virus TMP pada daun tembakau

Virus tumbuhan pertama kali ditemukan pada tahun 1576, sebagai patogen yang menimbulkan gejala perubahan warna pada bunga tulip, yang semula berwarna polos menjadi bergejala setrip. Saat itu, bunga tulip bergejala setrip tersebut justru mempunyai harga jual yang lebih tinggi. Dengan cara menempelkan umbi tulip bersetrip pada umbi tulip lain yang akan dijadikan sebagai bibit tanaman, petani dapat menghasilkan tulip-tulip lain yang bersetrip pula. Tanaman tulip yang berasal dari umbi yang telah mendapat perlakuan itu akan menghasilkan bunga bersetrip, walaupun patogennya belum dapat diketahui. Namun, mekanisme penularan virus tersebut belum dapat dijelaskan secara ilmiah oleh pakar biologi hingga tahun 1886, yaitu saat percobaan penularan virus tumbuhan yang dilakukan oleh Prof. Adolf Meyer di Wageningen Agricultural University.

Meyer melakukan percobaan untuk mempelajari etiologi penyakit tanaman yang disebabkan oleh virus pada tanaman temabakau bergejala mosaik (tobacco mosaic virus/TMV) Meyer merupakan ilmuwan yang pertama kali dapat mengimbas gejala mosaik pada tembakau dengan menginjeksikan ekstrak tanaman yang bergejala mosaik ke tulang daun tanaman sehat. Mayer juga membuktikan ekstrak tersebut menjadi tidak lagi efektif apabila dipanaskan sampai mendidih. Dari percobaan tersebut, Mayer hanya menyimpulkan bahwa gejala mosaik pada daun tembakau disebabkan oleh bakteri. Meyer belum sampai menyimpulkan bahwa penyakit itu disebabkan oleh virus.






thumbnail Title : Pengertian dan Sejarah Virologi Tumbuhan
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-09-20T17:56:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 17.56