Definisi Virus


Definisi Virus - Arti kata virus telah berubah sejak kata tersebut digunakan sebagai agensia yang menyebabkan penyakit. Pada zaman Romawi, virus berarti racun (poison) dan selama abad ke-18, virus dalam kamus bahasa inggris diartikan sebagai: a poison, venom, also a rammsh smell as of the armpits, also kind of watery mattes, whitish, yellowish, and greenish at the same time, which issue out of ulcers and stinks very much; being induced with eating and malignant qualities. Pada abad ke-19, virus diartikan sebagai the poisonous element by which infection is communicated atau secara sederhana diartikan sebagai mikropatogen.

Definisi Virus

Pada tahun 1950, Bawden sudah lebih khas lagi mendefinisikan virus, yaaitu suatu parasit obligat yang ukurannya lebih kecil dari 200 nm. Namun, definisi tersebut dan juga definisi sebelumnya hanya didasarkan pada ukran virion, kepatogenan,dan ketidakmampuan virup bereplikasi di luar sel inang. Pengetahuan tentang virus dan penyakit virus menyebabkan definisi itu makin tidak memuaskan. Definisi berdasarkan ukuran tidak dapat membedakan antara patogen lain seperti mikoplasma dan ricketsia yang juga dapat melewati saringan yang tidak dapat dilewati bakteri.

Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofag atau fag digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel). Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas jika tidak berada dalam sel inang. Karena karakteristik khasnya ini virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus flu burung), atau tanaman (misalnya virus mosaik tembakau/TMV).

Menurut para ahli biologi virus adalah peralihan antara makhluk hidup dan benda mati. Virus dikatakan peralihan karna virus mempunyai ciri-ciri seperti makhluk hidup yaitu dengan mempunyai DNA dan mampu berkembang biak pada sel hidup serta mempunyai ciri-ciri benda mati yaitu tidak mempunyai protoplasma dan mampu dikristalkan.
thumbnail Title : Definisi Virus
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-09-21T10:30:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.30