Klasifikasi Walang Sangit


Klasifikasi Walang Sangit - Walang sangit merupakan salah satu hewan hama pada tanaman padi. Daerah sebaran pada hewan ini adalah daerah-daerah tropis dimana daerah itu adalah daerah penghasil padi. Welang sangit biasanya hinggap diatas pucuk tanaman dan menghisap cairan tanaman yang dihinggapinya.

Walang sangit

walang sangit

Walang sangit dikenal karena baunya yang busuk atau sangit, kalau digangu walang sangit akan terbang sambil mengeluarkan bau yang berasal dari abdomennya. Sekresi zat cair berbau tidak enak ini merupakan pertahanan walang sangit terhadap serangan musuh (Devensive secretion).

Walang sangit (L. acuta) mengalami metamorfosis sederhana yang perkembangannya dimulai dari stadia telur, nimfa dan imago. Imago berbentuk seperti kepik, bertubuh ramping, antena dan tungkai relatif panjang. Warna tubuh hijau kuning kecoklatan dan panjangnya berkisar antara 15 – 30 mm.

Serangga dewasa berbentuk ramping dan berwarna coklat dengan ukuran panjang sekitar 14-17 mm dan lebar 3-4 mm dengan tungkai dan antena yang panjang. Perbandingan antara jantan dan betina 1:1, setelah menjadi imago serangga ini baru dapat kawin. Lama periode bertelur rata-rata 57 hari sedangkan walang sangit dapat hidup selama rata-rata 80 hari (Ashikin dan Thamrin, 2008).

Perkembangan yang baik bagi hama Walang sangit terjadi pada suhu antara 27 – 30 C. Perkembangan Walang Sangit telah diketahui Gejala Serangan dan Kerusakan yang ditimbulkanterjadi pada waktu temperatur sedang, curah hujan rendah dan sinar matahari terang. Walang sangit dapat berkembang biak di lahan dataran rendah maupun di dataran tinggi (Mudjiono, 1991).

KLASIFIKASI WALANG SANGIT
Kedudukan taksonomi walang sangit (Leptocorisa acuta Thunberg.). Anonim (2007a),
Kingdom : Animalia
Filum : Arthropada
Kelas : Insecta
Ordo : Hemiptera
Famili : Coreidae
Subfamili : Alynidae
Genus : Leptocorisa
Spesies : Leptocorisa acuta Thunberg.
thumbnail Title : Klasifikasi Walang Sangit
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-09-10T20:45:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.45