Pengertian Rekombinasi Meiotik


Pengertian Rekombinasi Meiotik - Rekeombinasi Meiotik adalah proses rekombinasi yang terjadi pada jasad eukaryot pada saat terjadi meiosis. Dalam beberapa hal mekanisme rekombinasi meiotik menunjukkan kemiripan dengan proses rekombinasi homolog pada bakteri meskipun beberapa tahapan awalnya berbeda. 

Rekombinan

Proses rekombinasi meiotik pada eukaryot dimulai dengan adanya pemotongan dua untai DNA yang ada pada salah satu kromosom. Ujung-ujung 5' yang terbentuk karena pemotongan tersebut kemudian dipotong oleh eksonuklease dengan arah 5' -3' sehingga terbentuk ujung 3' yang terbuka. Salah satu ujung 3' tersebut kemudian menginvasi DNA dupleks yang lain sehingga terbentuk D-loop. Sementara ujung 3' yang lain diperpanjang dengan proses sintesis dengan orientasi 5' - 3' sebagai proses reparasi untuk mengisi celah yang terbentuk akibat pemotongan kedua untai DNA. pada saat yang bersamaan terjadi pembesaran ukuran D-loop. Ujung 3' yang menginvasi dupleks yang lain kemudian diperpanjang dengan proses sintesis. Setelah itu terjadi migrasi cabang ke dua arah sehingga terbentuk persimpangan holiday. Persimpangan holiday tersebut akhirnya akan diuraikan sehingga dihasilkan rekombinan.

Perlu diketahui bahwa sebagaian besar tahapan yang dikemukakan dalam model hipotetik tersebut didukung oleh bukti eksperimental, namun beberapahal bertentangan dengan hasil pembuktian eksperimental. Sebagai contoh, model rekombinasi meiotik yang dikemukakan menyebutkan bahwa DNA hibrid akan dihasilkan pada kedua untai DNA yang mengalami pemotongan kedua untainya tersebut. Meskipun demikian, bukti eksperimental dengan pendekatan genetis membuktikan bahwa DNA hibrid hanya terbentuk pada salah satu untai DNA yang mengalami pemotongan kedua untainya. Dalam beberapa kasus, hibrid DNA terbentuk pada kedua untai DNA yang mengalami pemotongan. Akan tetapi, hal ini terjadi hanya pada kromatid yang sama, bukan pada kedua kromatid seperti yang diramalkan oleh model hipotetik tersebut.
thumbnail Title : Pengertian Rekombinasi Meiotik
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-08-04T10:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.00