Klasifikasi Jamur Tiram


Klasifikasi Jamur Tiram - Anda pernah lihat melihat jenis jamur ini? Jamur ini namanya jamur Tiram yang tergolong dari divisi basidiomycita bentuknya melengket di inangnya berwarna putih. Biasanya melengket di kayu-kayu yang telah mati atau telah mengering.

Jamur Tiram

 Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus) sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk. Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat. 

Tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus) sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk. Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat.

Siklus Hidup Jamur Tiram

Suryani & Nurhidayat (2011) menyatakan bahwa siklus hidup jamur tiram sebagai berikut :

  1. Pelepasan dan penyebaran spora (Basidiospora). Spora jamur berukuran sangat kecil dan ringan. Spora yang telah matang akan lepas terbawa angin ke tempat yang jauh atau jatuh ke tanah di sekitarnya.
  2. Pembentukan miselium. Hifa yang tumbuh selanjutnya bertambah panjang membentuk helaian menyerupai benang bertautan. Tautan antar hifa yang menyerupai anyaman disebut miselium jamur. Pada jenis jamur konsumsi umumnya miselium berwarna putih.
  3. Pembentukan tubuh buah. Setelah miselium menyebar dan menutupi seluruh permukaan media tumbuh, maka akan muncul tunas-tunas jamur yang menyerupai kancing disebut pin head. Seiring waktu, tunas tumbuh membentuk tubuh buah.
  4. Pembentukan spora. Bagian bawah tudung jamur yang membentuk garisgaris dari pangkal yang kemudian menyebar keujung tudung disebut badisia. Badisia tempat jutaan spora jamur dihasilkan.

Manfaat Jamur Tiram

Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat  untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan anti kanker serta menurunkan kadar kolesterol

Klasifikasi Jamur Tiram
Kingdom/ Kerajaan       : Fungi
Filum                            : Basidiomycota (jamur berspora pada basidium a)
Kelas                           : Homobasidiomycetes (belum diketahui)
Ordo                            : Agaricales (belum diketahui)
Familia                         : Tricholomataceae (belum diketahui)
Genus                           : Pleurotus
Spesies                         : Pleurotus ostreatus


thumbnail Title : Klasifikasi Jamur Tiram
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-07-31T20:49:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.49