Klasifikasi Jamuju


Klasifikasi Jamuju - Pohon jamuju merupakan tumbuhan langka yang penyebarannya sekarang, paling banyak ada di daerah Tasikmalaya Selatan. Jamuju yang merupakan tumbuhan dari famili Podocarpaceae ini merupakan tanaman asli Indonesia. 

Pohon Jamuju


Nama latin tumbuhan dari suku Podocarpaceae ini adalah Dacrycarpus imbricatus (Blume) de Laub. Memiliki beberapa nama sinonim seperti : Bracteocarpus imbricatus (Blume) A.V.Bobrov & Melikyan; Bracteocarpus kawaii (Hayata) A.V.Bobrov & Melikyan; Nageia cupressina (R.Br. ex Benn.) F.Muell.; Podocarpus cupressinus R.Br. ex Benn.; Podocarpus imbricatus Blume; Podocarpus javanicus (Burm.f.) Merr.; Podocarpus kawaii Hayata; dan Thuja javanica Burm.f.

Seperti ketahanan kayunya yang cukup keras, namun/ jamuju tegolong kayu yang pertumbuhannya terlambat untuk dewasa jika di bandingkan dengan kayu albasia. Selama ini jenis pohon jamuju hanya di kenal oleh kalangan terbatas / sepeti petani yang sudah berumur tua.

Pohon Jamuju (Dacrycarpus imbricatus) mampu tumbuh hingga setinggi 50 meter. Diameter batangnya bisa mencapai antara 50-70 cm. Batang bawah lurus dan tidak bercabang hingga setinggi 20 meter. Tajuk pohonnya kerap membentuk kubah dengan cabang berlimpah dan menyebarkan. Kulit batang pohon Jamuju kasar dan berlentisel dengan warna coklat tua atau kehitaman. Sedangkan kulit bagian dalam berwarna pink hingga coklat kemerahan.

Salah satu upaya pelestarian lingkungan hidup adalah memelihara tanaman spesies langka agar tidak punah. Seperti pohon Jamuju/ sejenis pohon berkayu dengan ciri-ciri daun kecil memanjang mirip pohon akasia. Tidak hanya langka, pohon jamuju ini juga di pecya sebagai tanaman endemik (khas suatu daerah) Tasikmalaya Selatan.

Klasifikasi Jamuju
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Coniferophyta 
Kelas: Pinopsida 
Ordo: Pinales
Famili: Podocarpaceae 
Genus: Dacrycarpus
Spesies: Dacrycarpus imbricatus (Blume) de Laub.
thumbnail Title : Klasifikasi Jamuju
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-06-08T15:34:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 15.34