Kelas Psilophytinae (paku purba)


Kelas Psilophytinae (paku purba) - Psilophytinae mencakup tumbuhan paku yang masih primitif, bahkan sebagian besar jenisnya telah punah. Keprimitifan ciri ditunjukkan dengan adanya daun kecilkecil (mikrofil) yang belum terdiferensiasi atau tanpa daun sama sekali yang disebut juga paku telanjang.


Kelas Psilophytinae

Ada pula jenis paku yang belum memiliki akar dan belum diketahui gametofitnya. Spora yang dihasilkan jenis paku tersebut mempunyai bentuk dan ukuran yang sama (paku homospor).

Paku purba dibedakan menjadi dua ordo, yaitu Psilophytales dan Psilotales.

a) Ordo Psilophytales (paku telanjang)
Berupa terna, belum memiliki akar (hanya rizoid), tidak berdaun atau berdaun kecil-kecil (mikrofil), batang telah memiliki pembuluh.
Tumbuhan yang tergolong bangsa ini termasukl tumbhan darat yang tuah. Sekitar 350 juta tahun yang lalu, yaitu dalam jaman silur akir dan devon telah terdapat sebagai8 semak – semak. Jadi tumbuhan ini telah ditemukan dalam lapisan bumi yang amat tua, yang belum ditemukan sisa–sisa lumut. Dalam jaman karbon tumbuhan ini telah punah. Paku telanjang merupakan tumbuhan paku yang paling rendah tingkat perkembangannya. Yang paling sederhana masih belum berdaun dan belum berakar. Batang telah mempunyai berkas pengangkut, bercabang-cabang menggarpu dengan sporangium pada ujung cabang – cabang tadi.
Famili : Rhyniaceae
Spesies : Rhynia major, Zosterophylum australianum


b) Ordo Psilotales
Berupa terna kecil, rendah, belum memiliki akar (hanya rizoid), bercabang menggarpu, mikrofil seperti sisik-sisik pada batang. Protalium telah ada, hanya berukuran beberapa sentimeter saja.

Dari bangsa ini ada di antara warganya yang sekarang masih hidup ialah marga psilotum , yang berupa terna kecil rendah, dan bercabang – cabang menggarpu. Tumbuhan ini sama sekali tidak berakar, hanya mempunyai tunas – tunas tanah dengan rhizoid, dan pada batangnya terdapat mikrofil atau daun – daun kecil berbentuk sisik, tidak bertulang dan tersusun jarang – jarang dalam garis spiral. 

Sporangium itu mempunyai 3 ruangan, dinding yang terdiri atas beberapa lapis sel, tetapi tidak mempunyai tapetum. Protalium paku ini telah diketahui, besarnya hanya beberapa cm saja, berbentuk silinder dan bercabang, tidak berwarna, hidup dalam tanah bersimbiosis dengan cendawan mikoriza, pada permukaan terdapat anteridium yang terdiri atas banyak ruang, dan mengeluarkan spermatozoid yang mempunyai banyak bulu cambuk\

Familia : Psilotaceae
Spesies : Psilotum nudum, terdapat di Jawa. Psilotum triquetrum, terdapat di daerah tropik.
thumbnail Title : Kelas Psilophytinae (paku purba)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-05-19T15:09:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 15.09