Siklus Hidup Taenia Saginata


Siklus Hidup Taenia Saginata - Cacing pita atau dikenal dengan nama latin Taenia saginata . merupakan hewan platyhelminthes golongan hewan invertebrata. Siklus hidup taenia saginata atau siklus hidup cacing pita dapat dilihat pada gambar dibawah yang merupakan siklus hidup cacing pita pada sapi. Cacing pita atau nama lainnya Taenia adalah jenis cacing pita yang masuk kedalam marga Kerajaan Animalia, Filum Platyhelminthes, Kelas Cestoda, Bangsa Cyclophyllidea, Suku Taeniidae.

Siklus hidup taenia saginata

Taenia yang sering menular dan hidup dalam usus manusia adalah sejenis cacing pita yang pada mulanya berasal dari hewan. Ada dua jenis Taenia yang biasa menyerang manusia yaitu spesies Taenia solium atau dikenal dengan cacing pita babi, dan Taenia saginata dikenal juga sebagai cacing pita sapi.

Cacing pita sapi memiliki siklus yang rumit dan berakhir pada manusia sebagai inang tetapnya. Cacing pita dewasa melepaskan telur-telurnya bersama segmen badannya. Segmen ini bila mengering di udara luar akan melepaskan telur-telur cacing yang dapat termakan oleh sapi saat merumput. Enzim pencernaan sapi membuat telur menetas dan melepaskan zigot yang kemudian menembus lapisan mukosa saluran pencernaan untuk memasuki sirkulasi darah. Dari pembuluh darah, zigot akan menetap di otot membentuk kista, seperti pada cacing cambuk. Bila daging sapi berisi kista tersebut dimakan manusia dalam keadaaan mentah atau setengah matang, enzim-enzim pencernaan akan memecah kista dan melepaskan larva cacing. Selanjutnya, larva cacing yang menempel di usus kecil akan berkembang hingga mencapai 5 meter dalam waktu tiga bulan.
thumbnail Title : Siklus Hidup Taenia Saginata
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-04-19T18:41:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 18.41